Sukses

Gejala Radang Tenggorokan yang Bisa Menyerang Siapa Saja, Kenali Penyebab dan Obatnya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyakit yang kerap dialami oleh banyak orang adalah radang tenggorokan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit radang tenggorokan terkadang dianggap sepele karena beberapa orang yang mengalami radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya tanpa mengonsumsi obat.

Penyakit radang tenggorokan atau dengan kata lain faringitis merupakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang pada bagian belakang tenggorokan. Dalam dunia medis disebut sebagai faring.

Lebih lanjut, berikut Liputan6.com ulas gejala radang tenggorokan sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019).

2 dari 4 halaman

Gejala radang tenggorokan

Berikut beberapa gejala radang tenggorokan (faringitis) yang bisa menjadi tanda seseorang yang umumnya menderita radang tenggorokan.

1. Merasakan tak enak badan seperti demam

2. Sakit pada bagian tenggorokan

3. Muncul rasa nyeri sendi dan nyeri pada otot

4. Muncul ruam pada kulit

5. Membengkaknya kelenjar getah bening di leher

Gejala radang tenggorokan bisa berbeda-beda sesuai dari penyebab penyakit radang tenggorokan itu sendiri. Jika kamu mengalami demam dulu kemudian merasakan radang pada tenggorokan, beberapa gejala radang tenggorokan yang bisa diidentifikasi antara lain:

1. Batuk dan bersin

2. Tubuh merasakan demam hingga 38 derajat celcius

3. Sakit kepala ringan

Gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh flu:

1. Kelelahan

2. Pegal-pegal

3. Panas dingin

4. Disertai dengan demam dengan suhu lebih dari 38 derajat celcius.

3 dari 4 halaman

Penyebab radang tenggorokan

Gejala radang tenggorokan bergantung pada penyebab yang membuat penyakit radang tenggorokan ini muncul. Penyebab utama radang tenggorokan adalah berasal dari virus dan bakteri Streptococcus atau tonsillitis yang menyebabkan pilek serta flu yang kemudian baru menimbulkan rasa radang pada tenggorokan.

Selain virus dan bakteri, penyebab radang tenggorokan bisa disebabkan melalui:

1. Adanya alergi yang dimiliki

2. Udara yang pengap dan panas

3. Polusi udara yang membuat iritasi pada tenggorokan atau berasal dari bahan kimia

4. Otot pada tenggrokan menegang

5. Infeksi HIV

6. Adanya penyakit GERD atau gastroesophageal reflux

7. Tumor

Kemungkinan radang tenggorokan menyerang pada seseorang dilator belakangi oleh banyak hal. Radang tenggorokan bisa menyerang pada siapa saja namun umumnya pada anak-anak dan remaja. Asap rokok juga mampu memengaruhi seseorang mengalami radang tenggorokan serta imun kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu beberapa makanan dapat menyebabkan munculnya radang tenggorokan seperti:

- Makanan pedas yang berlebihan dapat memicu infeksi pada tenggorokan seperti sambal, cabai, cengkeh, lada hitam, pala dan rempah yang memiliki rasa pedas.

- Makanan yang terlalu asam karena dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan.

- Makanan yang kering dan keras seperti biskuit, kacang, sereal bahkan sayuran mentah.

- Makanan berminyak seperti gorengan.

- Kafein dan alkohol.

- Susu dan olahannya dapat meningkatkan lendir di dalam tubuh yang memicu rasa gatal pada tenggorokan sehingga dapat menimbulkan radang.

4 dari 4 halaman

Cara mengatasi radang tenggorokan

Jika kamu sedang mengalami kondisi dimana sama dengan gejala radang tenggorokan diatas, kamu bisa menyembuhkannya dengan cara mengobati radang tenggorokan tersebut dengan bahan alami. Bahan alami yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan adalah

1. Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam agar bakteri pada mulut mati

2. Minum susu kunyit agar kekebalan tubuh membaik karena kunyit memiliki kandungan zat anti-bakteri dan anti-inflamasi

3. Minum the lemon madu hangat agar oto tenggorokan melemas dan vitamin C dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan bakteri serta virus

4. Mengonsumsi bawang putih mentah yang dipercaya memiliki khasiat karena bawang putih mengandung antibiotik.

5. Banyak minum air putih secara rutin.

6. Perbanyak istirahat

7. Menjaga kelembaban udara

8. Hindari hal-hal yang dapat memperparah iritasi tenggorokan

Jika radang tenggorokanmu diiringi dengan batuk, cara mengobatinya kamu bisa mengonsumsi buah pisang, madu atau mengonsumsi jus kiwi. Bagi ibu hamil, mengatasi penyakit radang tenggorokan bisa dengan mengonsumsi jus wortel, jus pisang, yogurt dan menghirup the chamomile.

Namun jika radang tenggorokanmu sudah pada tahap parah seperti menyerang hingga amandel, ada baiknya jika kamu langsung menghubungi pihak dokter agar dapat ditangani secara medis dan cepat.

Demikian penjelasan tentang gejala radang tenggorokan, penyebab munculnya radang tenggorokan dan beberapa bahan alami yang dapat meredakan radang tenggorokan. Jika kamu sedang mengalami radang tenggorokan ada baiknya menggunakan masker agar orang sekitar tidak tertular.

Perbanyak istirahat dan konsumsi makanan yang sehat. Semoga artikel diatas dapat membantumu mengenali dan mengatasi penyakit radang tenggorokan yang kerap menyerang siapa saja dan kapan saja.

Dramatis, Pesawat Bergoyang Hebat Sebelum Mendarat
Loading
Artikel Selanjutnya
Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Jangan Sepelekan