Sukses

6 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Lancarkan Persalinan

Kurma kaya nutrisi dan serat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar kurma, yang terlintas di benak banyak orang adalah bulan Ramadhan. Maklum, kurma memang identik dikonsumsi pada bulan Ramadan. Kurma mengandung gula alami yang dapat mengembalikan asupan energi setelah berpuasa seharian. Inilah yang membuat kurma selalu hadir saat makan sahur ataupun saat berbuka puasa. 

Hampir semua kurma yang dijual di berbagai negara dikeringkan. Anda dapat mengetahui apakah kurma dikeringkan berdasarkan penampilannya. Kulit yang keriput mengindikasikan kurma kering, sedangkan kulit yang halus menunjukkan kurma segar.

Kurma segar berukuran cukup kecil dan warnanya bervariasi dari merah terang hingga kuning cerah. Kurma kenyal dengan rasanya yang manis. Kurma juga tinggi nutrisi penting dan memiliki berbagai manfaat.

Berikut 6 manfaat kurma bagi kesehatan dilansir Liputan6.com dari Healthline Selasa(12/3/2019) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kaya Nutrisi dan serat

Karena bertekstur kering, kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat kecil. Terlepas dari kalori mereka, kurma mengandung serat, beberapa vitamin dan mineral penting.

Kurma mengandung magnesium, tembaga, mangan, fosfor, kalium, besi, sulfur, kalsium dan minyak.

Mendapatkan serat yang cukup penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan hampir 7 gram serat dalam 100 gram kurma, membuat buah ini cocok untuk memenuhi asupan serat Anda.

Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit. Serat membantu buang air besar secara teratur dengan berkontribusi pada pembentukan tinja.

Dalam satu studi, 21 orang yang mengkonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan memiliki peningkatan yang signifikan dalam pergerakan usus dibandingkan dengan ketika mereka tidak makan kurma.

Selain itu, serat dalam kurma juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah terlalu tinggi setelah makan.

Karena alasan ini, kurma memiliki indeks glikemik rendah yang mengukur seberapa cepat gula darah Anda naik setelah makan makanan tertentu.

3 dari 7 halaman

2. Mengandung Antioksidan

Manfaat kurma selanjutnya adalah kandungan antioksidannya yang lengkap. Kurma memiliki berbagai antioksidan dengan sejumlah manfaat kesehatan termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan menyebabkan penyakit

Dibandingkan dengan jenis buah yang serupa, seperti buah ara dan prem kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Berikut jenis antioksidan yang dimilii kurma :

Flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah diteliti potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.

Karotenoid

Karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.

Asam fenolik

Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kurma lainnya adalah meningkatkan fungsi otak. Studi laboratorium menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi makanan yang dicampur dengan kurma memiliki daya ingat dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik, serta perilaku yang berhubungan dengan kecemasan yang lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya.

Sifat-sifat yang meningkatkan fungsi otak dari kurma telah dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang dikenal untuk mengurangi peradangan, termasuk flavonoid. Namun, penelitian pada manusia diperlukan untuk memastikan kembali peran kurma dalam kesehatan otak.

5 dari 7 halaman

4. Membantu Persalinan Alami

Manfaat kurma juga dapat dirasakan oleh ibu hamil. Kurma telah diteliti atas kemampuannya untuk membantu dan meringankan persalinan jangka panjang pada wanita hamil.

Makan buah-buahan ini selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kemungkinan akan persalinan yang diinduksi. Mereka juga dapat membantu mengurangi waktu persalinan.

Dalam satu studi, 69 wanita yang mengkonsumsi 6 kurma per hari selama 4 minggu sebelum waktu persalinan mereka 20% lebih mungkin untuk melahirkan secara alami dan persalinan dalam waktu yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak memakannya.

Studi lain dari 154 wanita hamil menemukan bahwa mereka yang makan kurma jauh lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Studi ketiga menemukan hasil yang sama pada 91 wanita hamil yang mengkonsumsi 70-76 gram kurma setiap hari mulai minggu ke 37 kehamilan. Mereka berada dalam persalinan aktif dengan rata-rata 4 jam lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak makan kurma.

Peran kurma dalam kehamilan kemungkinan karena senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan tampaknya meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Selain itu, kurma mengandung tanin, yang merupakan senyawa yang telah terbukti membantu memfasilitasi kontraksi. Mereka juga merupakan sumber gula alami dan kalori yang baik, yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat energi selama persalinan.

6 dari 7 halaman

5. Pemanis Alami

Manfaat kurma lainnya adalah dapat dijadikan sebagai pengganti gula. Kurma adalah sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Untuk alasan ini, kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang halus.

Mereka menjadi  pengganti sehat untuk gula putih dalam beberapa resep masankan karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang ada.

Cara terbaik untuk menjadikan kurma sebagai pengganti gula putih adalah dengan membuat pasta kurma. Pasta ini dibuat dengan mencampur kurma dengan air dan menghaluskannya dengan blender.

Ganti gula dengan pasta kurma dengan perbandingan 1: 1. Misalnya, jika sebuah resep membutuhkan 1 cangkir gula, Anda perlu menggantinya dengan 1 cangkir pasta tanggal.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun kurma tinggi serat dan nutrisi, kurma masih cukup tinggi kalori dan paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

7 dari 7 halaman

Manfaat Kurma Lainnya

Kurma telah diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan lain yang belum diteliti secara luas. Manfaat kurma diantaranya :

Kesehatan tulang: Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah dipelajari untuk potensinya dalam mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis.

Kontrol gula darah: Kurma berpotensi membantu pengaturan gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah, serat dan antioksidan. Jadi, memakannya bisa bermanfaat bagi penderita diabetes.

Meskipun potensi manfaat kesehatan ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.