Sukses

Cara Memandikan Bayi dengan Benar, Kamu yang Baru Jadi Ibu Wajib Tahu

Cara memandikan bayi yang benar perlu dilakukan dengan hati-hati.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang anak merupakan anugerah tersendiri bagi para orangtua. Bagi orang yang sedang menanti kelahiran buah hati tentu saja banyak hal yang disiapkan.

Salah satunya ialah melengkapi segala perlengkapan yang dibutuhkan. Selain kebutuhan berupa pakaian dan barang-barang lainnya, calon orangtua juga harus paham dalam merawat bayi. Contohnya seperti cara menggendong dan memandikan bayi.

Namun terkadang bagi para ibu baru, pasti akan merasa takut jika harus memandikan bayi mereka untuk yang pertama kali. Hal ini dikarenakan memandikan bayi apalagi yang baru dilahirkan butuh kehati-hatian ekstra.

Banyak orangtua masih takut ataupun bingung bagaimana cara memandikan bayi dengan benar. Tentu saja para ibu baru ini tak ingin menyakiti ataupun membuat sang anak tak nyaman saat dimandikan.

Bagi kamu ibu baru, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan bagaimana cara memandikan bayi. Selain itu ada pula tips yang akan membantu kamu mengetahui cara memandikan bayi, agar sang anak tampak nyaman.

Mengetahui cara memandikan bayi juga hal penting bagi para ibu. Karena ini termasuk juga mengetahui bagaimana perawatan bayi. Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019), berikut ini cara memandikan bayi dengan benar, agar sang buah hati tetap merasa nyaman.

Cara memandikan bayi yang pertama dan cukup penting ialah mempersiapkan segala perlengkapan sebelum mulai untuk memandikan bayi perlu kamu lakukan. Kamu juga perlu untuk meletakkan segala peralatan mandi bayi yang dapat dengan mudah dijangkau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Siapkan baju ganti

Menyiapkan baju ganti pun termasuk dalam langkah cara memandikan bayi. Bukan hanya perlu untuk mengambil baju barunya saja, akan tetapi kamu juga perlu menaruh baju ganti tersebut sesuai dengan urutan pemakaiannya. Hal ini tentu saja akan mempermudah kamu dan juga mempercepat si kecil untuk memakai baju.

3 dari 8 halaman

2. Siapkan peralatan mandi

Dalam cara memandikan bayi, kamu perlu untuk menyiapkan segala peralatan mandi si kecil. Jangan lupa untuk meletakan peralatan mandi tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Peralatan mandi yang perlu kamu siapkan antara lain, sabun bayi, shampo, waslap, handuk serta air hangat.

Kamu perlu mengukur suhu air hangat yang akan digunakan untuk mandi sang buah hati. Selain itu, kamu sebaiknya mengukur suhu air tersebut menggunakan siku, bukan tangan. Hal ini dikarenakan tangan memiliki tingkat sensitivitas yang kurang.

4 dari 8 halaman

3. Perhatikan posisi bayi

Setelah air hangat siap, kamu baru bisa membuka baju bayi. Jangan biarkan bayi telanjang terlalu lama kerena harus mengatur suhu air. Kamu bisa mulai melepaskan baju saat semua kelengkapan dan persiapan mandi telah siap.

Saat memandikan bayi, kamu juga harus memperhatikan posisi bayi. Kamu harus menahan tubuh bayi pada bagian punggungnya. Jika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa gunakan penyangga yang memiliki bahan spons nyaman, sehingga sang bayi tetap berada pada tempatnya.

Sebelum kamu mulai memandikan bayi dalam ember mandi bayi, Kamu bisa menggunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat untuk mengusap wajahnya.

Hal ini dilakukan agar sang bayi bisa merasakan dan tidak kaget dengan air yang digunakan. Kemudian secara perlahan-lahan posisikan bayi mendekati permukaan air.

5 dari 8 halaman

4. Bersihkan mulai dari wajah hingga kaki

Cara memandikan bayi selanjutnya ialah dengan mengguyur air pada tubuh bayi dari atas ke bawah menggunakan tangan lainnya yang tidak digunakan untuk menyangga bayi. Setelah itu usapkan bagian kepala dan juga wajah menggunakan waslap yang telah dibasahi.

Bersihkan mata bayi,wajah, dan juga bibir bayi dengan perlahan dan juga lembut. Setelah itu kamu bisa menuangkan shampo dan juga sabun pada tubuh bayi. Gosok secara perlahan hingga mengeluarkan busa.

Kemudian gosok dengan pelan pada lipatan tubuh bayi, seperti leher, ketiak, tangan, dan juga selangkangan serta bokong bayi. Lakukan dengan cepat dan juga hati-hati. setelah itu kembali bilas dengan air hangat.

6 dari 8 halaman

5. Gunakan shampo jika perlu

Jika kamu merasa saat memandikan sang buah hati perlu untuk membersihkan rambutnya, maka kamu bisa menyabuni rambut dengan sahampo khusus.

Usahakan jangan sampai terkena wajahnya. Tentu saja kamu harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Setelah itu bilas hingga busa menghilang.

7 dari 8 halaman

6. Langsung bungkus dengan handuk

Setelah semua proses cara memandikan bayi dilakukan, yang perlu kamu lakukan adalah langsung membungkus bayi dengan handuk yang telah disiapkan. Kamu juga bisa mengeringkan tubuh bayi dengn menepuk-nepuk handuk pada bayi secara pelan dan lembut.

8 dari 8 halaman

7. Kenakan pakaian yang telah disiapkan

Setelahnya, kamu bisa membaringkan bayi diatas pakaian yang telah kamu susun sebelumnya. Kamu perlu juga untuk membersihkan pusar menggunakan cotton bud.

Setelah semuanya bersih, kamu bisa mengoleskan minyak hangat atau minyak telon pada tubuh bayi, terutama bagian perut, dada dan juga punggungnya. Selanjutnya kamu bisa kenakan pakaian bayi yang telah disusun pada sang buah hati.

Saat mengenakan pakaian sang bayi, bagi para ibu juga bisa menggunakan waktunya untuk mengajak bicara sang bayi. Hal ini dilakukan tentu saja untuk menguatkan interaksi yang terjalin.

Jika kamu belum terlalu mahir untuk memandikan bayi, kamu bisa meminta tolong seseorang untuk menemani. Tentu saja sebisa mungkin orang yang menemani kamu telah paham bagaimana cara memandikan bayi dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini