Sukses

7 Cara Biasakan Anak Menyikat Gigi

Liputan6.com, Jakarta Menerapkan kebiasaan baik seperti menyikat gigi pada anak terkadang jadi tantangan tersendiri. Orangtua perlu memutar otak agar anak terbiasa dan memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi. Berikut pengalaman Mommy Jenny Harleen dari Babyologist.

Mengajarkan anak untuk menyikat gigi terkadang susah, karena si Kecil menolak untuk menyikat gigi dan ini wajar terjadi pada anak-anak. Sebenarnya menyikat gigi adalah rutinitas setiap hari yang harus kita bangun sejak dini agar anak terbiasa dan mau menyikat gigi.

Menyikat gigi sangat penting untuk menjaga gigi anak tetap bagus. Dokter gigi anak juga merekomendasikan untuk menyikat gigi anak paling tidak 2 kali sehari.

Tetapi menyikat gigi anak membutuhkan usaha ekstra dan trik khusus agar anak tidak rewel dan memberontak.

Tips mengajak anak agar mau sikat gigi

1. Sikatlah gigi di depan anak

Awal sebelum mengenalkan sikat gigi ke anak, setiap saya mau sikat gigi saya selalu kasih lihat dia. Saya sikat gigi di depan dia sambil tertawa dan menyikat dengan semangat. Karena anak kecil suka meniru, dia pasti akan sangat penasaran ingin mencoba juga.

2. Jadikan menyikat gigi sebagai rutinitas setiap hari

Agar anak terbiasa, usahakan setiap hari menyikat giginya. Walau anak menolak ataupun berontak tetap ajak ia menyikat giginya, lama-lama dia akan terbiasa.

3. Bikin suasana menyenangkan

Saat menyikat gigi anak bisa sambil mengajak anak bercanda ataupun bernyanyi. Awal mengajarkan menyikat gigi, saya menyikat sekali saja yaitu pada malam hari. Pelan-pelan saya tambah jadi 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari.

4. Pastikan sikat gigi yang dipakai nyaman

Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut, tidak besar. Karena anak akan merasa sangat tidak nyaman kalau sikat giginya kasar dan besar. Ini juga bisa mengancam kesehatan gusi dan mulutnya juga Moms.

5. Gunakan pasta gigi yang berasa

Moms bisa pilih pasta gigi berasa buah alami yang aman saat tertelan oleh anak yang belum bisa kumur. Dengan adanya rasa di pasta giginya ini membuat anak lebih senang untuk menyikat gigi.

6. Berikan anak kesempatan untuk menyikat sendiri

Bila si Kecil selalu rewel dan berontak saat Moms menyikat giginya, beri dia kesempatan untuk menyikat giginya sendiri. Biarkan dia merasa asik dan tertantang sendiri saat menyikat gigi. Bila Moms merasa tidak bersih dengan dia menyikat sendiri, saat dia sudah merasa bosan Moms bisa langsung ambil alih mengosok giginya lagi.

7. Jangan lupa untuk memuji

Setelah selesai menyikat gigi saya selalu puji dia dan memberikan tepuk tangan. Dengan melakukan hal seperti ini bisa membuat dia senang dan lama-lama menikmati saat menyikat gigi.

Mengajarkan anak memang tidak gampang, butuh perjuangan dan kesabaran. Tetapi kembali lagi bila ingin anak memiliki gigi yang bagus semua itu layak diperjuangkan. Karena tidak ada usaha yang tidak membuahkan hasil.

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Redakan Demam pada Bayi
Artikel Selanjutnya
4 Zat Kosmetik yang Harus Dihindari Ibu Hamil