Sukses

Tidak Mesti Buah, Camilan Sehat Itu Harus seperti Ini

Liputan6.com, Jakarta Camilan sering dianggap sesuatu yang tidak baik lantaran yang kita konsumsi bisa bikin berat badan naik.

Padahal, camilan tidak selalu 'buruk' kalau saja kita memilih makanan maupun minuman yang sehat.

'Sehat' tidak harus diartikan dengan buah dan sayur. Dokter spesialis gizi klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah - Pondok Indah, Juwalita Surapsari, mengatakan, camilan sehat itu seharusnya kombinasi dari sejumlah sumber makanan yang manusia butuh, seperti protein dan serat.

"Camilan yang sehat itu tidak hanya berpaku pada kalori saja. Tapi zat gizi mana yang harus kita penuhi selanjutnya," kata Juwalita dalam diskusi Good to Go pada Rabu, 30 Januari 2019.

"Zat gizi kan ada karbohidrat, protein, dan lemak. Sebaiknya, camilan itu tetap harus mengandung protein sama serat," kata dia melanjutkan.

 

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Camilan

Camilan, lanjut Juwalita, bisa menjadi solusi jika tidak ingin mengonsumsi makanan berat secara berlebihan. Dia pun mengimbau agar kita tak perlu khawatir, karena camilan tidak selalu menjadi faktor penyebab naiknya berat badan.

Dengan kata lain, camilan dapat dijadikan sebuah alternatif untuk menambahkan sumber zat gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Bila Anda bingung mencari jenis camilan yang baik, berikut empat rekomendasi camilan yang sehat bagi tubuh dari Juwalita.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau merupakan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu kacang hijau mengandung banyak serat, antioksidan, kalsium, rendah lemak, dan karbohidrat yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh.

"Kacang-kacangan seperti kacang hijau bagus untuk jadi camilan, tapi jangan digoreng, direbus lebih bagus," kata Juwalita.

3 dari 4 halaman

Camilan Sehat Lainnya

2. Susu Kedelai

Kedelai dianggap salah satu sumber protein yang lengkap dan juga mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh.

"Di dalam susu kedelai ada protein dan serat," katanya.

4 dari 4 halaman

Puding pun Bisa Jadi Camilan Sehat

3. Pudding Susu

"Pudding dengan susu juga ternyata bagus untuk camilan. Tapi jangan pakai susu yang tinggi lemak, pakai susu rendah lemak,"

4. Yogurt

Yogurt mengandung protein yang penting bagi tubuh. Kandungan kalorinya pun sesuai untuk dikonsumsi di sela-sela jam makan.

Juwalita juga menganjurkan untuk mengonsumsi camilan pukul 09.00-10.000 WIB dan pukul 15.00-16.00 WIB.

Laporan : Siti Nurhaifa

Loading
Artikel Selanjutnya
Makanan Ringan yang Mewakili Semangat Remaja Penuh Energi
Artikel Selanjutnya
Tetap Ngemil Sehat Meski Sibuk Bekerja, Intip Saran Dokter Jantung