Sukses

8 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Kesalahan Alas Tidur Salah Satunya

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengeluh sakit pinggang. Sebagian memilih beristirahat untuk menyembuhkan nyeri itu atau pergi ke rumah sakit jika tak kunjung membaik.

Namun jika rasa sakit sudah parah, dokter biasanya akan memberikan perawatan yang cukup intensif. Sakit pinggang sebelah kiri merupakan keluhan yang cukup sering terjadi, dan dapat dialami oleh siapa saja.

Kondisi ini menyebabkan beragam keluhan, mulai dari begah, kembung, mual, hingga nyeri perut melilit.

Beragam penyakit dapat bersembunyi di balik sakit pinggang sebelah kiri. Ada banyak penyebab sakit pinggang bagian kiri dan banyak keluhan yang dirasakan oleh penderita yang sakit pinggang.

Keluhannya berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah.

Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Berikut telah liputan6.com rangkum penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang biasakan oleh sebagian orang Rabu (16/11/2019).

2 dari 3 halaman

Penyebab sakit pinggang

1. Saraf terjepit

Penyebab sakit pinggang yang pertama adalah saraf terjepit. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf.

Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih yang berasal dari organ lain, misal pada batu ginjal atau dismenorea.

2. Terlalu lama mengemudi

Penyebab sakit pinggang yang kedua adalah terlalu lama mengemudi. Citroen UK dan British Chiropractic Association (BCA) telah melakukan penelitan dan bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran akan potensi sakit pinggang akibat duduk sambil pengemudi dalam waktu lama.

Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, setidaknya 5,5 juta pengemudi di UK dapat menderita karena terlalu lama mengemudi.

3. Pembuluh darah tersumbat

Penyebab sakit pinggang yang ketiga adalah pembuluh darah tersumbat. Penyebab utamanya adalah duduk terlalu lama dengan posisi berkendara yang tidak nyaman.

Hal tersebut dapat memengaruhi tubuh melalui berbagai cara, misalkan menyebabkan ketegangan pada otot hingga menyumbat pembuluh darah.

4. Bekerja terlalu berat

Penyebab sakit pinggang yang keempat adalah bekerja terlalu berat. Sakit pinggang umumnya dialami oleh mereka yang melakukan pekerjaan fisik berat sehingga menyebabkan kesalahan pada struktur tulang belakangnya.

Saat seseorang melakukan pekerjaan berat dan tidak melakukannya secara tepat, ruas-ruas tulang belakang dapat menjepit saraf sehingga timbul rasa sakit.

5. Salah alas tidur

Penyebab sakit pinggang yang kelima adalah salah alas tidur. Selain karena faktor pekerjaan berat, penyebab sakit pinggang lainnya adalah kebiasaan yang salah, misalnya tidur dengan alas terlalu lentur. Sakit pinggang juga dapat timbul karena pengaruh penyakit lain seperti ginjal dan jantung.

6. Kurang minum

Penyebab sakit pinggang yang keenam adalah kurang minum. Tidak hanya itu Kurang minum memang dapat memicu sakit pinggang karena otot dan sendi membutuhkan cairan.

Namun 90 persen kasus nyeri pinggang bawah justru paling banyak terjadi karena kesalahan posisi tubuh dalam bekerja.

7. Batu Ginjal

Penyebab sakit pinggang yang ketujuh adalah batu ginjal yang ukurannya masih sangat kecil dapat menyebabkan rasa sakit di daerah pinggang karena iritasi dan sumbatan di sepanjang saluran kemih.

Rasa sakit ini dapat berupa sakit yang terasa parah di daerah pinggang belakang dan samping serta di bawah tulang iga.

Rasa sakit juga dapat menjalar hingga ke perut bagian bawah dan selangkangan. Sifat rasa sakit ini dapat hilang timbul dan semakin lama semakin bertambah sakit.

8. Obesitas atau kegemukan

Penyebab sakit pinggang yang selanjutnya adalah obesitas. Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas rentan akan sakit pinggang. Biasanya jelang menopause, ligamen mereka cenderung lebih mudah nyeri.

Menurut Mahdian, berat badan kita itu ditopang oleh pinggang. Bayangkan bila berat badan Anda 100 kilogram, setidaknya bagian atas tubuh kita memiliki berat 50 kilogram dan pinggang harus menopangnya.

 

3 dari 3 halaman

Tips mencegah sakit pinggang

Beberapa tips yang dapat kamu terpakan diterapkan untuk mengurangi dan mencegah sakit pinggang.

1. Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

2. Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar

3. Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

4. Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

5. Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban

6. Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras.

7. Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

8. Cukup dengan rutin melakukan sit up.

9. Jangan lupa selalu melakukan stretching atau peregangan sebelum kamu memulai olahraga. Jika kamu tidak melakukan hal ini, otot pinggang bisa meregang atau keseleo dan akhirnya membuat sakit pinggang.

8. Pastikan juga tempat tidurmu nyaman. Tempat tidur yang nyaman dapat mencegah sakit pinggang. Tidurlah dengan posisi yang benar agar badanmu terasa segar ketika bangun esok hari.

 

Reporter: Heri Setiawan

Loading