Sukses

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami dan Cepat, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Indonesia sendiri masuk daftar lima negara teratas kasus tekanan darah tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah masyarakat dunia yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) meningkat di seluruh dunia. Indonesia sendiri masuk daftar lima negara teratas kasus tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi, atau juga disebut hipertensi, adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, faktor keturunan (genetik), ataupun keduanya. Meskipun terlihat sepele, hipertensi bisa berbahaya jika tidak ditangani karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah seseorang mencapai 140/90 mmHg. Normalnya, tekanan darah pada orang yang sehat berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Berikut cara menurunkan darah tinggi yang bisa kamu lakukan di rumah seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara menurunkan darah tinggi yang bisa dilakukan di rumah

1. Berolahraga

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah melakukan olahraga. Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu, dapat menjadi cara menurunkan darah tinggi secara perlahan namun pasti. Mengapa harus teratur dilakukan? Alasannya adalah karena jika kamu berhenti berolahraga, maka tekanan darahmu akan meningkat kembali.

Bentuk olahraga yang mungkin bisa kamu coba untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan, joging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. Dengan menggabungkan latihan kardiovaskular (seperti berlari ataupun berenang) dalam rutinitas kamu, ternyata dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi tersebut akan mengurangi tekanan darah kamu.

2. Jaga berat badan

Cara menurunkan darah tinggi adalah dengan menjaga berat badan agar ideal, artinya berat badan yang seharusnya kamu miliki menurut tinggi badan. Menjaga berat badan yang sehat untuk tipe tubuh kamu dapat membantu menjaga tekanan darah. Oleh karena itu, membuang berat badan berlebih sangat penting sebagai keberhasilan dari cara menurunkan darah tinggi

3. Kurangi konsumsi garam

Cara menurunkan darah tinggi paling mudah adalah mengurangi konsumsi garam. Salah satu penyebab tingginya tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebih. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan darah, kamu harus mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari sekitar satu sendok teh garam per hari dapat membuat perbedaan besar dalam tekanan darahmu.

4. Makan makanan yang sehat

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah cobalah untuk konsumsi makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan kolesterol.

5. Berhenti merokok

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah berhenti merokok bagi kamu yang perokok. Ternyata, setiap batang rokok yang kamu konsumsi dapat berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah lho. Oleh karena itu, berhenti merokok akan membantu dalam menurunkan tekanan darah.

6. Beraktivitas di luar ruangan

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah dengan beraktivitas di luar ruangan sehingga kulit kamu terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ditemukan bahwa ketika kulit terkena sinar matahari, reaksi kimia tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

Selain cara menurunkan darah tinggi di atas, ternyata ada beberapa makanan yang juga turut berperan lho. Berikut makanan penurun darah tinggi yang wajib dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

Makanan penurun darah tinggi yang wajib dikonsumsi

1. Pisang

Cara menurunkan darah tinggi bisa dengan mengonsumsi buah pisang. Ya, buah pisang selain murah meriah juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, sehingga dapat membantu kamu dalam menurunkan tekanan darah.

2. Sayuran hijau

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau. Selain pisang, sayuran hijau seperti bayam, kale, lobat hijau, sawi, dan lainnya juga mengandung kalium tinggi. Terlebih lagi, sayuran hijau juga mengandung kalsium yang juga berguna sebagai makanan penurun darah tinggi. Setengah cangkir bayam matang mampu memberikan 12% dari kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

3. Yogurt

Cara menurunkan darah tinggi yang enak adalah dengan mengonsumsi yogurt. Kekurangan kalsium adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah, untuk itu, kamu perlu untuk menambahkan kalsium ke dalam asupan. Salah satu makanan yang kaya akan kalsium adalah yogurt. Selain itu, probiotik dalam yogurt juga dapat menjadi makanan penurun darah tinggi seperti yang ditemukan pada beberapa penelitian.

4. Susu skim

Cara menurunkan darah tinggi bisa juga dengan susu skim. Selain yogurt, susu skim juga mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, susu skim mengandung lemak rendah yang juga diperlukan sebagai salah satu minuman dan makanan penurunan darah tinggi.

5. Kentang

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya dengan mengonsumsi kentang. Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung kalium dan magnesium tinggi. Kedua mineral ini mampu menurunkan tekanan darah. Kentang juga memiliki kandungan serat yang kamu perlukan. Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun darah tinggi, sebaiknya kamu mengonsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

6. Buah berry

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah dengan mengonsumsi buah berry. Buah-buahan kelompok berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu sebagai makan penurun darah tinggi. Kamu bisa menambahkan blueberry, raspberry, dan strawberry pada yogurt atau sereal pagi kamu.

7. Oatmeal

Cara menurunkan darah tinggi yang mudah adalah dengan mengonsumsi oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, sehingga dapat membantu kamu sebagai makanan penurun darah tinggi. Sarapan dengan oatmeal adalah ide bagus sebagai makanan pertama kamu sebelum menjalani hari. Jika kamu merasa rasa oatmeal terlalu hambar, bisa menambahkan buah segar atau sedikit madu.

8. Ikan

Cara menurunkan darah tinggi yang mudah dengan rutin mengonsumsi ikan. Manfaat ikan terhadap tekanan darah ini juga telah diteliti. Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal menyebutkan bahwa makan ikan berlemak, seperti salmon, sebanyak tiga kali seminggu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah diastolik selama lebih dari delapan minggu. Para peneliti mengatakan bahwa banyak penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang terkandung di ikan memiliki efek penurun tekanan darah. Kamu bisa memasak ikan dengan cara mengoleskan minyak zaitun dan tambahkan dengan lada hitam, lalu panggang ikan sampai matang.

9. Buah bit

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah dengan buah bit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat yang secara alami ditemukan dalam buah bit mampu menjadi salah satu sumber makanan penurun darah tinggi.

10. Cokelat

Cara menurunkan darah tinggi yang enak dan mudah adalah dengan mengonsumsi cokelat. Mengonsumsi cokelat yang kaya akan flavonoid (biasa ditemukan pada dark chocolate) ternyata dapat membantu kamu dalam penurunan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah, hasilnya dapat menurunkan tekanan darah, seperti dijelaskan dalam penelitian lain. Semakin tinggi kandungan kakao dalam produk cokelat (sebanyak 70% kakao), semakin baik untuk kesehatan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini