Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

10 Penyebab Muncul Benjolan pada Penis (2)

Perhatikan, beberapa kemungkinan penyebab muncul benjolan pada penis.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan pada penis sering membuat pria merasa sangat cemas. Apalagi jika ada benjolan yang muncul. Bila muncul satu atau lebih benjolan tanpa rasa sakit di sekitar penis, gatal atau berdarah, Anda dapat segera berobat.

Dokter umum dari Your Doctor, Riccardo Di Cuffa membeberkan, ada berbagai macam kemungkinan penyebab benjolan muncul di penis.

Herpes

Infeksi Menular Seksual (IMS) ini disebabkan virus herpes simpleks, yang dapat menyebabkan luka yang menyakitkan atau sakit pada penis. Ini dapat ditularkan melalui air liur, sekresi tubuh atau seks oral, dilansir dari Netdoctor, Senin (5/11/2018).

Obat antivirus dapat membantu menekan penyebaran selama satu atau dua hari.

Satu-satunya cara untuk melindungi diri dari IMS adalah tidak melakukan seks vaginal, anal atau oral tanpa kondom. Hindari berhubungan seks jika Anda memiliki gejala herpes.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sifilis

Sifilis adalah IMS lain yang menyebabkan sakit pada penis. Kondisi ini berupa infeksi bakteri dan biasanya muncul usai berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi sifilis.

Anda dapat menularkan infeksi sifilis ke pasangan. Jika itu terjadi, maka itu dapat menyebabkan masalah serius, seperti demensia, kebutaan bahkan kematian jika tidak ditangani. Sifilis biasanya dapat disembuhkan dengan antibiotik dengan penggunaan jangka pendek.

Moluskum kontagiosum

Ini adalah infeksi virus kulit menular yang menyebabkan bintil-bintil kecil, keras, dan membesar pada kulit. Infeksi ini dapat terjadi di mana saja pada tubuh.

Bila ditemukan di daerah penis dan selangkangan, ini termasuk bagian dari IMS. Kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya, tetapi bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Dokter umum dapat merekomendasikan perawatan, seperti terapi laser.

3 dari 3 halaman

Penyakit Peyronie

Penyakit ini cukup langka yang menyebabkan daerah menebal atau benjolan keras di batang penis. Penis menjadi melengkung saat ereksi. Kebanyakan pria dengan penyakit Peyronie masih bisa berhubungan seks, tetapi bisa menyakitkan dan berujung pada disfungsi ereksi.

Kanker penis

Kanker penis jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan sakit atau benjolan pada penis. Hampir semua kanker penis dimulai di kulit.

Gejala berupa luka, kemerahan, iritasi, perdarahan atau benjolan di penis. Penyebabnya tidak diketahui. Kanker penis paling sering terjadi pada pria di atas 50 tahun.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.