Sukses

Pasangan Alami Depresi, Lakukan 7 Hal Ini (1)

Jika pasangan sedang mengalami depresi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membantunya keluar dari kondisi tersebut

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan percintaan mungkin sering dianggap sesuatu yang manis bagi beberapa orang. Namun, hal tersebut ternyata tidaklah semudah dongeng. Salah satu yang membuatnya lebih rumit adalah pasangan yang mengalami depresi.

Melansir Women's Health pada Minggu (28/10/2018), terapis di The Family Institute di Northwestern University, Heather Lofton mengatakan, depresi bisa membuat hubungan menjadi lebih berat dan stres. Karena itu, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan apabila pasangan sedang mengalami depresi.

1. Pelajari tentang depresi

Dengan mempelajari tentang depresi, Anda bisa memahami apa yang mereka alami. "Depresi adalah perubahan fungsi otak yang menyebabkan orang merasa sangat emosional," ujar terapis keluarga Lisa Marie Bobby.

Karena itu, mengetahui apa yang terjadi pada orang yang dicintai saat mengalami depresi, bisa membantu Anda mendekati mereka dengan empati.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hadirlah dalam hidupnya

Seseorang dengan depresi bisa mengisolasi diri, tidak meminta bantuan, atau mengalami kesulitan untuk membicarakan apa yang mereka alami. Karena itu, sulit mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mereka menderita.

"Ketika pasangan Anda tampak kecewa, hadir secara fisik dan emosional bisa menjadi bentuk dukungan yang hebat," ujar Lofton.

Ini berarti, daripada mencoba menawarkan solusi atau membicarakan perasaan mereka, Anda cukup berada di sampingnya dan mendengarkannya.

 

3 dari 4 halaman

3. Jadilah proaktif

Menurut Bobby, mendorong perilaku yang sehat bisa membuat mereka menjadi merasa lebih baik. Anda bisa pergi jalan-jalan berdua setelah makan malam, atau memberikan mereka kesempatan untuk menulis atau meditasi.

 

4 dari 4 halaman

4. Jangan mencoba memperbaiki

Lofton mengatakan, Anda tidak hadir untuk menyembuhkan depresi pasangan. Melakukan itu bahkan bisa menjadi masalah dan memakan kesehatan mental Anda sendiri.

"Menenangkan diri Anda adalah untuk menjadi satu-satunya penyedia perawatan dan kebahagiaan," ujar Lofton.

Dengan menetapkan suatu batasan, hal itu bisa terjadi. Dukung mereka melalui perjalanan mereka, namun hidupilah kehidupan Anda juga. Teruslah berpartisipasi dalam kegiatan yang Anda nikmati dan habiskan waktu bersama orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.