Sukses

8 Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan yang Baik dan Benar Agar Tidak Membahayakan Tubuh

Jangan sampai kamu salah diet hingga membahayakan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum, jika setiap orang pasti menginginkan tubuh ideal dengan berat badan sekecil mungkin. Demi mewujudkan impiannya, banyak orang yang memiliki berat badan yang dirasa tidak ideal akan melakukan diet. Diet memang merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan cara diet sehat.

Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan diet tidak sehat misalnya menyiksa diri dengan rasa lapar berlebihan serta mengonsumsi obat diet berbahan kimia. Padahal menerapkan diet sehat sehingga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit. Nah, sebenarnya ada cara diet sehat yang aman untuk dilakukan tanpa ada efek samping.

Cara diet sehat tidak hanya membuat kamu mendapatkan berat badan ideal, tapi juga memiliki tubuh yang sehat. Kamu tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan secara drastis, mengonsumsi makanan yang tidak enak, atau bahkan membuat diri sendiri kelaparan.

Cara diet sehat juga merupakan cara mencintai tubuh dengan mengonsumsi makanan minuman sehat serta gaya hidup yang sehat. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum Senin (29/10/2018) dari berbagai sumber, cara diet sehat yang baik dan benar sehingga tidak membahayakan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Jangan biarkan tubuh kelaparan

Diet dengan menahan lapar yang berlebihan biasanya justru akan menjadi jalan buat balas dendam makan berlebihan. Kasus ini sudah banyak terjadi dan seringkali justru berkahir dengan kegagalan. Meninggalkan perut hingga kondisi sangat lapar hanya akan membuat kamu semakin sulit menahan nafsu saat ada makanan. Akibatnya, kamu akan melupakan cara diet sehat dengan dan malah memakan apapun yang ada di depan mata.

Untuk mengatasinya, selalu sediakan bekal sehat di dalam tasmu. Makanan porsi kecil tapi bergizi tinggi seperti telur rebus, greek yoghurt atau pisang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu seketika tanpa meninggalkan kalori yang berlebihan.

3 dari 9 halaman

2. Kunyah dengan benar

Cara diet sehat yang benar selanjutnya adalah dengan memperhatikan cara mengunyah. Sebisa mungkin kunyah makanan dengan benar. Setiap kamu makan dengan terburu-buru dan tidak mengunyahnya dengan baik, artinya kamu tidak memberikan waktu pada perut untuk mengirimkan sinyal kenyang menuju otak. Oleh karena itu, mengunyah dengan benar dapat membantu kamu merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Cara mudahnya, kamu bisa mengatur durasi makan. Sebagai contoh, beri waktu 15 menit untuk menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Dengan metode ini, kamu dapat memberi jeda waktu yang cukup pada proses penyampaian sinyal kenyang menuju otak.

4 dari 9 halaman

3. Perhatikan asupan nutrisi

Cara diet sehat didasari dengan memerhatikan asupan nutrisi. Tubuh setidaknya membutuhkan 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari guna memenuhi nutrisi yang kamu butuhkan. Pilihlah buah yang cocok untuk diet, dan konsumsi secara rutin. Kamu cukup membagi porsinya ke dalam beberapa waktu. Misalnya pada saat sarapan atau makan siang. kamu juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau saat makan malam.

5 dari 9 halaman

4. Cara diet sehat dengan memastikan tubuh selalu terhidrasi oleh air putih

Sudah bukan rahasia lagi kalau air merupakan hal yang paling esensial untuk tubuh. Memang, kebutuhan air bagi setiap orang berbeda-beda. Tapi, dengan meminum air lebih banyak bisa mendukung diet alami penurun berat badan. Cobalah untuk meminum air paling tidak 2 liter sehari dengan membiasakan diri membawa botol minum bersamamu. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama nantinya jika kebutuhan air dalam tubuh tercukupi. Langkah ini merupakan cara diet sehat yang baik dan benar

6 dari 9 halaman

5. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi konsumsi garam merupakan salah satu cara diet sehat yang terkenal ampuh. Mengapa demikian? Konsumsi sodium berlebihan bisa membuat tubuh kesulitan untuk memproses metabolisme lemak. Tentu, kamu tidak mau perut dan pipi terus menggembung kan?

Cobalah dengan membiasakan diri untuk mengonsumsi sayur, ayam, atau telur tanpa tambahan garam. Untuk tetap mendapatkan rasa gurih pada masakan, kamu bisa menggunakan garam laut asli yang mengandung lebih sedikit sodium atau menambahkan cottage cheese ke dalam telur dadar. Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah kamu pun bisa ikut terkontrol.

7 dari 9 halaman

6. Jadikan apel sebagai camilan wajib

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah apel berkontribusi banyak dalam proses cara diet sehat. Sebuah apel memiliki kurang dari 200 kalori dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh kamu untuk menahan nafsu makan. Selain itu, apel juga mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan siap membuat kamu tetap bertenaga. Konsumsi apel paling tidak dua kali sehari sebagai cara diet sehat, jangan lupa untuk ikut memakan kulitnya karena terdapat banyak serat di sana.

8 dari 9 halaman

7. Bakar kalori dengan rajin olahraga

Mengetahui beberapa cara diet sehat yang sudah disebutkan diatas tidak akan cukup jika kamu abai melaksanakan langkah yang satu ini. Guna berhasil mencapai berat badan idaman, menyeimbangkan kalori yang masuk dengan kalori yang dibakar merupakan hal yang penting.

Jadi, luangkanlah waktu untuk melakukan olahraga, dan lebih aktif. Misalnya dengan lari selama 150 menit per minggu, beralih menggunakan tangga dibandingkan lift, atau rajin berjalan kaki karena berjalan kaki memiliki banyak manfaat. Olahraga tidak hanya dapat membantu cara diet sehatmu, tapi juga bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, terutama organ jantung.

9 dari 9 halaman

8. Tidur cukup

Siapa bilang aktivitas yang bisa menurunkan berat badan hanya olahraga? Jangan salah sangka, tidur pun merupakan cara diet sehat yang alami. Tubuh memang membutuhkan olahraga, tapi jangan lupa untuk memulihkan tenaga kembali dengan tidur yang cukup. Banyak penelitian yang menyebutkan kebiasaan kurang tidur dapat menimbulkan banyak kerugian untuk tubuh kita, risiko diabetes misalnya. Hal ini tentu bisa menjadi penghambat metabolisme tubuh untuk tidak maksimal.

Agar tubuh kamu mendapatkan regenarasi maksimal, perbaiki gaya hidup kamu dengan tidur yang cukup, misalnya 6 hingga 8 jam sehari. Dengan begitu, metabolisme kamu akan ikut diperbaiki dan siap untuk menyambut berat badan ideal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.