Sukses

Ini Bukti Anak Indonesia Sadar Pentingnya Jaga Kesehatan Mata

Merayakan Hari Penglihatan Sedunia 2018 yang jatuh pada Kamis minggu kedua Oktober, beragam cara dilakukan banyak pihak guna menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan mata.

Liputan6.com, Jakarta Bila Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) cabang Semarang dan Jawa Barat membuat lomba gerak jalan atau jalan sehat, Perdami cabang Jakarta (Perdami Jaya) bikin gebrakan dengan menggelar kompetisi video di Instagram untuk memperingati Hari Penglihatan Sedunia 2018.

"Jalan sehat itu effort-nya gede. Tiba-tiba saya kepikiran, kenapa Perdami Jaya tidak bikin video kompetisi saja?," kata salah seorang penggagas, dr Ferdiriva Hamzah SpM saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Gayung bersambut. Ketua Perdami Jaya, dr Elvioza SpM(K) menyetujui ide yang dilontarkan Ferdiriva bersama rekannya dr Alia Arianti SpM.

"Biar netizen yang dibuat sibuk, bukan kita," kata pria yang sehari-hari praktik di Jakarta Eye Center (JEC) ini.

Tampaknya antusiasme dari netizen cukup besar. Bila melihat akun Instagram @perdamijaya, sejak Senin, 24 September 2018, sudah mengunggah ulang video-video pendek buatan anak-anak Indonesia yang membahas tentang pentingnya menjaga kesehatan mata. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebanyakan Peserta Mahasiswa

Dari pantauan Health Liputan6.com sampai hari ini, Kamis, 11 Oktober 2018, rata-rata yang mengikuti kompetisi video pendek tersebut adalah mahasiswa.

Bahkan, dua anak pesohor negeri ini, Tristan Juliano (anak musisi Addie MS) dan Nicholas Sean Purnama (putra Basuki Tjahaja Purnama) ikut berpartisipasi membuat video pendek sesuai tema besar dari Hari Penglihatan Sedunia tahun ini, Eye Care Everywhere.

"Kaget juga mereka ikutan," kata Ferdiriva.

Dalam video yang memperlihatkan Nicholas berlatih airsoft gun bukan diunggah lewat akun pribadinya. Melainkan diunggah oleh pemilik akun @kindahmahdiaah, yang kemudian diunggah ulang (repost) di akun @perdamijaya pada Selasa, 9 Oktober 2018.

Menurut Ferdiriva, Perdami Jaya tidak menargetkan jumlah peserta sama sekali. Karena nantinya video-video tersebut akan disebarkan guna meningkatkan kesadaran masyarakat perihal pentingnya menjaga kesehatan mata pada saat Hari Penglihatan Sedunia 2018.

Soal hadiah, Perdami Jaya menyiapkan uang Rp3.000.000 untuk pemenang pertama, Rp2.000.000 pemenang kedua, dan pemenang ketiga Rp1.000.000 .

Mengutip dari unggahan Instastory @perdamijaya, para juri dalam tahap penilaian untuk menentukan video mana yang layak keluar sebagai juara.

3 dari 3 halaman

Berikut Video-Video yang Ikut Serta

1. Video Nicholas putra Ahok

 

 
 
 
View this post on Instagram

Terima kasih Nicholas Sean Purnama dan teman-teman turun memeriahkan #worldsightday2018 . Repost: @kindahmahdiahh #perdamijayavideocompetition Buram pada mata utamanya disebabkan oleh gangguan refraksi (minus, plus, silinder) . Mata minus, plus, atau silinder jika tidak dikoreksi dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang permanen seperti kebutaan. . Cek kesehatan matamu secara berkala (tiap 2-4 tahun untuk usia 20-40 tahun) dan gunakan kacamata atau lensa kontak untuk menghilangkan penglihatan buram-mu. . Saya, Nicholas Sean, mendukung kampanye peduli kesehatan mata, HFGM Liga Medika, #EyeAware @nachoseann @bearhounds_one #eyecareeverywhere #perdamijayavideocompetition #haripenglihatansedunia2108

A post shared by Perdami Jaya (@perdamijaya) on

2. Tristan, Anak Adie MS

3. Tanpa Gambar, tapi Video Ini Berhasil Bikin Mewek

4. Gara-gara Tidak Pakai Kacamata, jadi Salah Orang deh

5. Bagaimana Mau Melihat Keindahan Indonesia Kalau Matamu Saja Tidak Sehat

 
 
 
View this post on Instagram

Repost: @dwikaputra #perdamijayavideocompetition World Sight Day 2018 memiliki tema “Eye Care Everywhere”. Ya, kesehatan dan perawatan mata memang seharusnya se-accessible itu. Orang-orang terdekat saya, termasuk saya sendiri, mengalami masalah dengan penglihatan. Hingga usia saya 20 tahun (hampir sepuluh tahun yang lalu), saya tidak pernah memeriksakan mata secara rutin. Sekarang, saya memulai kebiasaan itu. Mata adalah jendela dunia, dan jendela yang tertutup tidak dapat membiarkan cahaya masuk dan menyapa. Sayangi mata kalian, teman-teman! :) @perdamijaya @ferdirivahamzah #perdamijayavideocompetition #perdamijaya Video dari @dwikaputra untuk memeriahkan #worldsightday2018 yang diperingati 11 Oktober ini. Semoga menang, ya. Ayo kirim video buatanmu dan mention @perdamijaya. Jangan lupa hashtag #haripenglihatansedunia2108 #eyecareeverywhere #perdamijayavideocompetition.

A post shared by Perdami Jaya (@perdamijaya) on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini