Sukses

Ahli Gizi: Sarapan, Fondasi Raih Masa Depan yang Lebih Baik

Sarapan bukan sekadar rutinitas. Sarapan dengan menu yang tepat merupakan fondasi untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Liputan6.com, Kupang Ahli gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan, mengatakan, sarapan lebih dari sekadar rutinitas memulai hari. Sarapan adalah fondasi untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Studi mengungkapkan, sarapan sehat bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Karena itu, kata Ali, sangatlah penting untuk mengonsumsi sarapan dengan gizi lengkap dan seimbang berupa karbohidrat, protein, vitamin, mineral serta serat untuk menunjang produktivitas sepanjang hari.

Salah satu sumber nutrisi yang direkomendasikan adalah gandum utuh. Gandum utuh memiliki lapisan luar, lapisan dalam, dan inti yang berasal dari biji-bijian yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan gizi seimbang karena merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat.

“Kita bisa mendapatkan kandungan nutrisi dan kebaikan gandum utuh salah satunya dalam sereal. Sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan usus dan proses pencernaan," kata Ali dalam sesi talkshow Koko Olimpiade yang digelar Nestlé Koko Krunch di Kupang, Nusa Tenggara Timur ditulis Selasa (18/9/2018). 

Tak cuma itu, kehadiran serat juga dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung koroner seperti disampaikan pria yang juga Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat IPB ini. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kompetisi mewarnai dan menggambar

Selain edukasi mengenai pentingnya sarapan, Koko Olimpiade juga menggelar lomba menggambar, mewarnai dan kegiatan lainnya yang digelar di 45 kota di Indonesia. 

Para pemenang lomba di tiap kota akan maju ke tahap grand final pada November 2018. Pemenang di tahap grand final berkesempatan untuk menikmati perjalanan bersama keluarga ke Legoland Resort, Malaysia.

"Ini sebagai kelanjutan dari kampanye Ayo Bangun Indonesia (ABI). Acaranya dirancang untuk membangun kebiasaan sarapan sehat sejak dini melalui kegiatan-kegiatan yang edukatif dan menyenangkan bersama keluarga," Business Executive Officer of Nestlé Breakfast Cereals Indonesia, Alaa Shaaban.

Sejak 2008, Koko Krunch juga menghadirkan sajian produk untuk mempermudah keluarga Indonesia mengonsumsi sarapan lebih mudah.

“Kami berharap upaya ini dapat semakin mendorong keluarga Indonesia untuk menerapkan kebiasaan sarapan pagi yang sehat dan bergizi sehingga dapat terwujud masyarakat yang sehat dan produktif,” imbuh Shaaban. (Amar Ola Keda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.