Sukses

Perubahan Positif Terjadi pada Masyarakat Indonesia, Ini Buktinya

Perubahan di masyarakat Indonesia terjadi di taraf hidup, pelayanan publik, dan juga nilai-nilai yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Sistem sosial masyarakat Indonesia saat ini sudah berubah dalam aspek taraf hidup, layanan publik, dan nilai-nilai. Hal itu diungkap dalam dialog yang dilakukan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ted C. Fishman, serta Tandean Rustandy dari Rustandy Foundation pada Kamis 13, September 2018.

Moeldoko mengungkapkan ada sebuah perubahan besar di masyarakat Indonesia, "Dulu hidup susah dan sekarang berubah," ujarnya saat itu, dikutip dari rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat (14/9/2108).

"Saya memiliki dua anak dan terdapat perubahan di bidang pendidikan dan ekonomi secara drastis. Dulu, sedikit yang bisa masuk perguruan tinggi, berbeda dengan generasi sekarang," kata Moeldoko.

"Hal ini merupakan sebuah fenomena perubahan taraf hidup," tambahnya.

Selain itu, Moeldoko juga menyatakan bahwa perubahan tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di peningkatan pelayanan publik di daerah lain. Contohnya adalah Online Single Submission.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerintah yang Tidak Berjarak

Berbagai perubahan yang terjadi di Indonesia juga ditanggapi secara positif oleh penulis buku China Inc. dan Shock of Gray Ted Fishman.

"Sangat luar biasa ketika melihat hal yang Anda cintai (Indonesia) berkembang setiap waktu dan saya ingin semuanya datang ke sini," ujar Fishman.

Pria yang pernah menetap beberapa tahun di Indonesia ini menambahkan, dirinya juga belajar banyak hal salah satunya tentang persahabatan. "Saya belajar untuk menjadi teman yang lebih baik."

Menurut Fishman, Presiden Joko Widodo secara tidak langsung juga menerapkan nilai persahabatan karena pemerintahannya yang tidak berjarak. Ini membuat masyarakat memiliki kedekatan dan bisa bekerja sama.

 

3 dari 3 halaman

Populasi Penduduk

Selain itu, dalam hal populasi penduduk, Fishman juga menuliskan tentang perubahan populasi dunia. Salah satunya di Indonesia. Menurutnya, perubahan yang terjadi di Indonesia adalah soal ukuran keluarga.

"Perubahan besar di Indonesia adalah besarnya keluarga. Keluarga semakin mengecil," katanya. Dengan adanya hal tersebut, kualitas sumber daya manusia bisa semakin meningkat dan Indonesia semakin baik.

Moeldoko mengatakan, di KSP sendiri saat ini banyak anak muda yang menurutnya hebat. "Kami bantu mengarahkan dan selalu mendukung agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul," pungkas Moeldoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.