Sukses

Jangan Salah, Anak SD Bisa Stres di Sekolah

Kenali ciri anak SD yang tengah dilanda stres serta pemicunya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang stres hanya milik remaja atau orang dewasa? Anak usia sekolah dasar (SD) pun bisa mengalaminya.

Anak yang stres di sekolah diperlihatkan dengan beragam hal, seperti malas bangun pagi, mogok sekolah, atau pura-pura sakit. Ketika orangtua menghadapi anak dengan perilaku seperti itu, bisa jadi ia stres dengan kehidupannya di sekolah.

Lalu, apa penyebabnya? Bisa jadi banyak hal. Jika buah hati mengeluhkan kondisi sekolahnya, dengarkan dengan saksama dan cari solusi segera. Namun, jika ia diam saja, coba kenali faktor-faktor berikut yang mungkin jadi penyebabnya seperti dilansir Very Well.

- Tak nyaman dengan teman di sekolah

Faktor pertemanan memegang peranan penting bagi kenyamanan anak di sekolah. Jika ia mengalami masalah dalam hubungan pertemanan atau mendapat tekanan, akan sangat mengganggu psikologisnya. Level kepercayaan dirinya bisa menurun, begitu juga semangatnya bersekolah.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Guru

Nilai pelajaran dan sikap guru juga sangat berpengaruh. Ada kalanya komunikasi guru dan murid tak berjalan baik. Apalagi jika ada sikap gurunya yang dirasa melukai anak. Menghadapi situasi ini memang cukup dilematis, orangtua bisa terlebih dulu berkonsultasi dengan guru pembimbing di sekolah atau wali kelasnya.

- Jadwal terlalu padat

Perhatikan juga jadwal harian anak. Jika aktivitasnya sangat padat, bukan hanya sekolah tapi juga beberapa les dan buah hati terlihat kelelahan, coba evaluasi lagi. Pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup untuk kesehatan fisik dan kestabilan emosinya.

 

Penulis: Mutia

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.