Sukses

Menu Pendamping ASI Pertama yang Terbaik untuk Bayi

Menu MPASI pertama bisa bervariasi. Namun, pastikan teksturnya yang tepat untuk Si Kecil.

Liputan6.com, Jakarta Para ibu, setelah bayi berusia 6 bulan, si Kecil sudah bisa Anda siapkan memasuki masa Makanan Pendamping ASI (MPASI). Ada banyak pilihan yang bisa dibuat. Mulai dari buah, tepung beras, dan bubur.

Menu MPASI pertama yang bervariasi harus memenuhi angka kecukupan gizi, terutama mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi.

"MPASI terbaik pada umumnya bubur dan tepung beras. Di awal MPASI, ibu bisa berikan bubur dan tepung beras 1 kali sehari," kata dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi Widodo usai acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018" di Fairmont Jakarta, ditulis Jumat (10/8/2018).

Pemberian bubur dan tepung beras tahap pertama dalam tekstur encer. Hindari pemberian MPASI pertama yang langsung bertekstur kental.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usus bayi beradaptasi

Menu MPASI yang diberikan kian meningkat, baik dari tekstur dan jumlah porsi makan. Dalam beberapa minggu, bayi bisa diberi makan dua kali sehari dan encer.

"Lama-lama (bubur instan dan tepung beras) kental. Ini biar usus bayi beradaptasi dengan tekstur makanan," Ariani menambahkan.

Makanan mengandung protein hewani, vitamin, dan mineral yang juga harus diberikan. Menu MPASI pun sebaiknya kaya zat besi, zinc, dan vitamin A. Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sumber zat besi yang utama adalah daging merah dan sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.