Sukses

Tips Sehat Jelang Minggu Terakhir Puasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan sudah memasuki minggu terakhir, suhu pun semakin meningkat tajam. Tentu saja, iklim seperti ini bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk dehidrasi, sakit kepala, dan mual.

Ada beberapa tips kesehatan dari ahlinya agar 10 hari terakhir Anda di Ramadan berlangsung nyaman seperti dilansir Arabnews, Rabu (6/6/2018).

1. Hentikan dehidrasi dan sakit kepala

Otak manusia sebagian besar terdiri atas air dan peka terhadap setiap penurunan suplai. Untuk melindungi otak, tubuh mulai mempertahankan air yang tersedia dan itulah yang kita sebut retensi air.

Untuk menghindari dehidrasi dan sakit kepala saat puasa Ramadan, pastikan Anda minum setidaknya delapan gelas air semalam, kurangi konsumsi manis yang berlebihan, garam dan kafein, makan seimbang untuk sahur dan hindari terkena sinar matahari langsung di siang hari.

2. Hindari mual

Mual selama jam-jam puasa bisa dihindari jika Anda melakukan hal berikut selama jam non-puasa. Berhentilah makan dalam jumlah besar, terlalu panas atau terlalu dingin. Kurangi dressing salad yang berat dan minum air 30 menit sebelum makan atau satu jam setelah makan.

3. Hindari mulas

Puasa memang menurunkan jumlah asam yang diproduksi oleh lambung, hanya aroma atau pikiran tentang makanan yang mengirim sinyal ke otak untuk membuat lebih banyak asam. Untuk menghentikan mulas, hindari makanan yang digoreng dan sangat pedas, saus tomat dan soda. Selain itu, tidurlah di sisi kiri untuk mencegah mulas saat tidur siang.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Ringankan sembelit

4. Meringankan sembelit

Penyebab utama sembelit adalah kekurangan serat dalam makanan Anda. Cobalah konsumsi lebih banyak makanan yang kaya serat, seperti sayuran hijau, kacang polong dan buah utuh. Plums kering adalah yang terbaik untuk mendapatkan bantuan yang cepat.

5. Ucapkan selamat tinggal pada jerawat

Jerawat relatif umum di Ramadan. Karena itu sangat terkait dengan dehidrasi, minum air akan membantu kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik dan akan membantu mencegah tumbuhnya jerawat.

Gantilah soda dan jus Anda dengan air, kurangi cokelat dan bumbu yang berat, serta nikmati kulit yang berseri-seri.

6. Mencegah keram otot

Untuk mencegah kram otot, makan makanan yang kaya kalsium dan magnesium, seperti buah-buahan, sayuran, produk susu dan daging.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Unik V BTS Atasi Jerawat Saat Konser Bersejarah di Arab Saudi
Artikel Selanjutnya
Penyebab Bekas Jerawat jadi Bopeng