Sukses

Fitur Baru Instagram Cegah Remaja Jadi Korban Bully

Agar para pemakaiannya terhindar dari bully, Instagram meluncurkan fitur baru yang membuat mereka merasa aman.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna Instagram, khususnya para remaja, bisa sedikit lega karena media sosial berbagi foto ini memiliki fitus baru yang bisa mencegah terjadinya cyber bullying.

Fitur ini menyaring komentar-komentar pedas yang mengarah pada perundungan atau disebut anti-bullying filter, yang secara otomatis menghilangkan komentar yang tak mengenakkan.

Kasus perundungan di media sosial terutama Instagram kini semakin sering terjadi, terutama di usia remaja di mana emosi mereka masih sangat labil. Sebenarnya Instagram memiliki kebijakan usia minimal penggunanya, yaitu 13 tahun.

Fitur baru ini akan menyaring komentar yang berisi serangan atas penampilan atau karakter seseorang. Helena Lersch, Head of Public Policy, Instagram Asia-Pacific mengungkap fitur tersebut dibuat demi interaksi yang lebih positif.

"Jutaan remaja di seluruh dunia menggunakan Instagram untuk berbagi semangat dan kreativitas. Kami mau memastikan mereka bisa terus melakukannya dengan cara yang aman dan positif dengan fitur-fitur keamanan di Instagram," ungkapnya di Jakarta, 9 Mei 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Baru yang Ada di Instagram

Instagram juga memperkenalkan filter komentar mengganggu (Offensive Comments filter), yang secara otomatis menyembunyikan komentar yang menimbulkan provokasi atau memecah belah.

Terdapat juga fitur filter komentar berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna (Keyword Comments Filter) dan kemampuan untuk mengatur akun menjadi privat, sehingga hanya orang yang telah disetujui yang dapat melihat konten pengguna.

"Setiap orangtua pasti memiliki kecemasan bagaimana teknologi dan media sosial telah mempengaruhi kita dan anak-anak kita. Apabila digunakan dengan tepat, media sosial dapat membantu anak kita untuk mencari inspirasi,” kata Riafinola, penyanyi dan ibu dari 3 anak.

Bagi para orang tua yang ingin mempelajari fitur-fitur keamanan di Instagram dengan lebih lengkap, kunjungi https://help.instagram.com/ dan www.instagram-together.com.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini