Sukses

Minum Teh Hijau Setiap Hari, Badan Langsing Tanpa Bau Mulut

Tahukah Anda bahwa khasiat dari teh hijau tidak selalu untuk menurunkan berat badan?

Liputan6.com, Jakarta Manfaat dari teh hijau yang selama ini orang tahu hanya untuk menurunkan berat badan. Masih sedikit orang yang menyadari bahwa khasiat teh yang satu ini bisa juga untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Mengutip tulisan drg Diego Dimas MM dari situs Klik Dokter, diketahui ada penelitian terbaru yang menyebutkan, senyawa teh hijau seperti polifenol yang selama ini terbukti ampuh mencegah mengatasi risiko kanker, jantung, dan diabetes, bisa untuk mengatasi peradangan pada gigi dan gusi.

Di dalam teh hijau, terkandung polifenol jenis catechin yang lebih banyak dibanding teh oolong maupun teh hitam. Dari berbagai penelitian, jenis catechin yang banyak terdapat pada daun teh adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG). Yang memiliki sifat sebagai antimutagenik, antidiabetik, antiinflamasi, antibakterial, dan antivirus.

Menurut Diego, EGCG ini mampu menghambat pembentukan biofilm bakteri pada mulut yang biasanya berbentuk plak. Maka itu, dengan rutin minum teh hijau setiap pagi, membantu gigi dan gusi terbebas dari plak.

Selain, ada manfaat lain dari EGCG ini untuk kesehatan gigi dan mulut kita.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kontrol Pertumbuhan Bakteri

Tingkat keasaman air liur akan turun seiring terbatasnya pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Kabar baiknya, kita bisa terhindar dari kondisi gigi berlubang.

 

 

3 dari 5 halaman

2. Jaga Kesehatan Gusi

Keberadaan zat antiperadangan dari EGCG ini membantu mencegah penyakit gusi. "Jaringan mulut pun akan merespons dengan melakukan peningkatan regenerasi dan penyembuhan."

 

4 dari 5 halaman

3. Cegah Masalah Gigi Berkelanjutan

Zat EGCG dalam teh hijau bisa mencegah gigi berlubang dengan menurunkan keasaman pada rongga mulut dan meredakan masalah penyakit gusi. Dengan demikian, teh hijau juga bisa mencegah Anda kehilangan gigi atau mengalami gigi lepas.

 

5 dari 5 halaman

4. Napas Lebih Segar

Keasaman menurun, radang pada gigi menjauh, alhasil napas menjadi lebih segar. Dengan kata lain, minum teh hijau menjauhkan Anda dari masalah bau mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.