Sukses

Tak Hanya Tunjukkan Kecantikan, Warna Mata Juga Ungkap Kesehatan dan Kepribadian

Selain unik dan tampak cantik, warna mata yang berbeda mampu menunjukkan kondisi kesehatan dan kepribadian seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki warna mata yang unik mungkin akan menarik perhatian orang lain. Namun demikian, siapa sangka warna mata yang Anda miliki dapat mengungkap kondisi kesehatan dan kepribadian.

Dilansir dari Reader Digest, Jumat (6/4/2018), berikut adalah beberapa warna mata beserta kondisi kesehatan dan kepribadian yang Anda miliki.

1. Mata Gelap : minim risiko mengalami degenerasi makula

Pertama, penting untuk Anda ketahui warna menjadi ukuran kesehatan mata secara keseluruhan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Clinical and Experimental Ophthalmology menemukan, dari 171 peserta yang diteliti, orang dengan warna mata terang berisiko dua kali lebih besar terkena degenerasi makula.

Sekretaris American Optometric Association, Christopher Quinn, OD, mengungkapkan iris atau selaput di antara bola dan bagian putih mata yang gelap dapat menghalangi sinar ultraviolet lebih banyak. Menurutnya, sinar UV adalah salah satu faktor risiko munculnya degenerasi makula.

2. Mata gelap : minim risiko mengalami kanker kulit

Warna mata yang gelap menunjukkan Anda memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kulit. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Cancer Epidemiology, Biomakers & Prevention, peneliti mengambil DNA dan data paparan sinar matahari dari 500 anak kulit putih berusia 6 hingga 10 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan anak-anak dengan gen mata biru memiliki risiko lebih besar mengalami kanker kulit. Hal ini karena anak dengan gen mata tersebut hanya sedikit memiliki pigmen yang dapat melindungi mata dari sinar matahari. Meski demikian, Quinn menyarankan, orang dengan warna mata apapun sebaiknya tetap melindungi mata dengan menggunakan kacamata hitam di siang hari.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang dengan warna mata terang cenderung kompetitif

3. Mata terang : lebih kompetitif

Guna membuktikan hal tersebut, peneliti Australia meminta 336 responden orang berkulit putih dari Eropa guna mengisi kuesioner untuk mengukur kepribadian mereka. Hasil penelitian menunjukkan mereka yang memiliki warna mata gelap cenderung memiliki sikap dermawan, ramah, dan empati.

Berkebalikan dengan orang yang bermata terang. Mereka dipandang kurang menyenangkan dan lebih kompetitif. Meski demikian, perlu ada penelitian lebih lanjut soal makna warna mata ini.

4. Mata gelap : lebih dapat dipercaya

Melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLOS ONE, peneliti meminta 238 relawan untuk menilai foto orang-orang yang dapat dipercaya. Penelitian menunjukkan mayoritas responden memilih foto orang dengan mata berwarna coklat lebih dapat dipercaya daripada mereka yang memiliki mata berwarna biru.

Meski demikian, penelitian ini harus didukung dengan temuan lainnya, terutama bagi wanita, yang tidak menunjukkan korelasi sama antara kepercayaan dan bentuk wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.