Sukses

9 Tanda Konsumsi Garam Anda Sudah Melampaui Batas (2)

Liputan6.com, Jakarta Garam ibarat dua sisi mata uang. Berkat garam makanan yang hambar bisa berubah menjadi gurih. Di sisi lain, makan terlalu banyak garam membahayakan kesehatan.

Saat ini kurang lebih ada 14.000 produk yang menambahkan garam dalam penyajiannya. Mulai dari makanan, minuman, industri, sampai obat-obatan.

Hampir setiap momen makan bersama, sengaja atau tidak, Anda pasti terdorong untuk membumbui makanan dengan sedikit garam. Baik ketika makan siang bersama rekan kerja atau partner bisnis, makan keluarga, atau makan malam romantis bersama pasangan.

Dalam akun situs Bright Side, dilansir Jumat (9/3/2018), ada sembilan gangguan kesehatan jika tubuh Anda terlalu banyak menampung garam bagian dua.

 

6. Ginjal sering sakit

Salah satu tanda tubuh Anda terlalu banyak garam adalah timbulnya keluhan pada ginjal. Cara menyiasatinya adalah pindahkan atau jauhkan produk-produk limbah, seimbangkan tingkatan cairan, dan kontrol produksi sel darah merah. Terakhir, mulai deh diet sodium.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

1 dari 3 halaman

7. Tekanan darah tinggi

 

7.  Tekanan darah tinggi 

Sebuah studi di Amerika menyatakan tekanan darah manusia yang normal adalah 120/80 mmHg. Jika tekanan darah melebihi jumlah ini, dan Anda tidak melakukan apapun untuk mengubahnya, jelas akan menimbulkan dampak yang sangat serius.

Konsekuensi dari tekanan darah tinggi biasanya timbul serangan jantung. Mulai sekarang, sayangi jantung Anda dengan mengurangi makanan dengan kadar garam tinggi dan tak ada salahnya mencoba diet sodium.

Makanan yang baik untuk menangkal tekanan darah tinggi adalah kacang, oatmeal, kacang polong, dan sebagainya. Sebaiknya hindari dulu mengonsumsi kopi dan anggur merah.

 

2 dari 3 halaman

8. Mengalami pembengkakan di tempat yang tidak wajar

8. Mengalami pembengkakan di tempat yang tidak wajar

Kembali ditegaskan bahwa konsumsi garam berlebihan jelas tidak baik untuk tubuh. Salah satu ciri yang perlu diwaspadai adalah timbulnya pembengkakan di area-area tangan, paha, sampai kaki.

9. Kadang tak bisa berpikir secara jernih

Ilmuwan Kanada pada 2011 melakukan penelitian dengan mengambil sampel 1.200 orang dewasa. Hasil temuannya adalah ada korelasi antara overdosis garam dan produktivitas otak.

Ternyata ada perbedaan kecepatan berpikir orang yang biasa memakan garam secukupnya dengan orang yang kelebihan garam. Masyarakat Amerika kebanyakan mengonsumsi garam sebanyak 3.400 mg setiap hari. Padahal, idealnya batas sehat konsumsi garam adalah 1.500 mg.

Artikel Selanjutnya
9 Tanda Konsumsi Garam Anda Sudah Melampaui Batas (1)
Artikel Selanjutnya
Makan Anggur, Cara Enak Bantu Turunkan Berat Badan