Sukses

Diam-diam Hipertensi Intai Wanita Menopause

Faktor hormon bikin wanita menopause lebih rentan alami hipertensi alias tekanan darah tinggi. Simak penjelasan dokter berikut.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan kelompok lain, wanita menopause punya kecenderungan tinggi alami hipertensi.

Wanita menopause lebih rentan terkena hipertensi alias tekanan darah tinggi karena faktor hormonal seperti disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rossana Barack. 

Rossana yang juga Ketua 12th Annual Scientific Meeting of Indonesian Society of Hypertension (InaSH) menjelaskan ketika wanita menopause berusia 65 ke atas itu bakal mengalami penurunan hormon estrogen. Hal tersebut berpengaruh pada tekanan darah. 

"Pengaruh terbesar yang berkaitan hipertensi karena hormon. Wanita kan punya hormon estrogen ya. Jadi, hormon estrogen itu power-nya kuat sekali," papar Rossana di Jakarta ditulis Jumat (23/2/2018).

Ketika tekanan darah sulit dikontrol, risiko hipertensi jadi meningkat. Oleh karena itu, Rossana menyarankan, wanita menopause rajin kontrol tekanan darah.

"Hipertensi itu silent killer (diam-diam membunuh). Kadang enggak ada keluhan, tapi tiba-tiba bisa membuat seseorang kena serangan jantung atau badannya lemas," lanjut Rossana.

 

Saksikan juga video menarik pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hormon estrogen turun drastis saat menopause

Ketua Indonesian Society of Hypertension, Yuda Turana mengungkapkan, risiko penyakit jantung dan stroke pada wanita menopause juga perlu diwaspadai.

Saat menopause, penurunan hormon estrogen langsung drastis. "Hormon estrogen yang menurun drastis ini bisa membuat wanita berisiko vaskular (penyakit jantung) dan stroke. Vaskular dan stroke-nya bisa lebih memburuk dibanding pria, " lanjut Yuda di kesempatan yang sama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.