Sukses

Gunakan 5 Tips Ini Agar Lebih Sehat Gunakan Instagram

Instagram bisa lebih menyehatkan kalau digunakan seperti ini

Liputan6.com, Jakarta Instagram menjadi salah satu media sosial paling digemari saat ini. Tidak bisa dipungkiri apabila Instagram juga punya efek buruk untuk penggunanya.

Menurut survey yang dilakukan tahun 2016 oleh University of Pittsburgh, menurut 1500 anak muda di Britania Raya, instagram merupakan media sosial terburuk untuk kesehatan.

Namun, ada beberapa cara agar bermain Instagram bisa lebih baik untuk tubuh. Berikut ini tipsnya dilansir dari Huffington Post pada Senin (12/2/2018):

1. Unfollow akun yang tidak membuat Anda bahagia

Penting untuk mengevaluasi diri akun mana yang bisa memberikan kebahagiaan mana yang tidak. "Bagi beberapa orang, mengikuti akun tentang desain dan dekotasi rumah mungkin menenangkan. Namun untuk beberapa yang lain, akan membuat mereka iri karena rumah mereka tidak terlihat seperti itu," kata Emily Weinstein, peneliti dari Harvard University

2. Angkat konten positif

Menurut Weinstein, Anda mungkin bisa membuat konten menarik di Instagram yang bisa diikuti oleh akun lain untuk membuat Anda merasa positif.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan kehidupan nyata

3. Ingatkan diri Anda bahwa yang mereka unggah bukan kehidupan nyata mereka

"Bila kita melihat contoh model atau iklan, kita tahu orang itu tidak nyata atau sudah di-photoshop," kata Brain Primack, penulis utama studi University of Pittsburgh. "Tapi ketika anda melihat teman kuliah Anda memiliki kehidupan yang indah ini, Anda mengenal mereka sebagai orang sungguhan, jadi Anda tidak perlu memikirkan fakta bahwa mereka dengan hati-hati mengeluarkan apa yang ada di sana (media sosial).

3 dari 4 halaman

Aktif di media sosial

4. Lebih sering mengunggah, menyukai, komentar, dan kirim pesan

Kita lebih sering secara pasif melihat media sosial daripada aktif menanggapi atau menciptakan postingan sendiri. Menurut Philippe Verduyn, asisten profesor psikologi dan penulis utama studi dari Maastricht University, Belanda, mengatakan, mengomentari dan memasang foto lebih baik ketimbang melakukan scrolling tanpa berpikir.

4 dari 4 halaman

Tanyakan diri Anda

5. Tanyakan diri Anda tentang alasan Anda gunakan Instagram

Menurut Oscar Ybarra, profesor psikologi di University of Michigan mengatakan, akan sangat membantu untuk menganalisis dengan tepat mengapa Anda melihat Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini