Sukses

Kekuatan Buah Rambutan, Perlambat Munculnya Kerutan

Walau ukurannya kecil, jangan remehkan kandungan vitamin C di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Musim rambutan sudah tiba, tak heran bila banyak pedagang berjualan buah yang dikenal berdaging manis ini. Walau ukurannya kecil, jangan remehkan kandungan vitamin C di dalamnya.

Mengonsumsi sedikit rambutan saja sudah mampu mendongkrak asupan vitamin C tubuh. Bila Anda makan 100 gram daging buah rambutan, sudah memenuhi sekitar 40 persen rekomendasi asupan kebutuhan vitamin C orang dewasa seperti mengutip Livestrong, Selasa (6/2/2018).

Walau vitamin C tak langsung bikin seseorang sembuh dari flu, tapi bila asupan tubuh akan vitamin ini terpenuhi bisa mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Lalu, menurunkan penyakit kardiovaskular, masalah mata, dan memperlambat munculnya kerutan di kulit.

"Vitamin C jadi sorotan. Bila vitamin C terpenuhi, ini bisa jadi penanda ideal bahwa kebutuhan nutrisi tubuh secara keseluruhan juga terpenuhi," kata peneliti dari University of Michigan Amerika Serikat, Mark Mayad.

"Semakin kami mempelajari manfaat vitamin C, semakin baik pemahaman kami bahwa vitamin ini (yang terkandung di rambutan) melindungi kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari kardiovaskular, kanker, stroke, kekebalan tubuh yang bikin hidup lebih lama," tambah Mark lagi mengutip Web MD.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nutrisi lain dari rambutan

Selain vitamin C, rambutan juga mengandung beberapa nutrisi lain walau tak banyak. Makan 100 gram daging rambutan mengandung 0,7-0,9 gram protein.

Ada juga kandungan zat besi di setiap buah ini. Mengonsumsi satu porsi rambutan berarti tubuh sudah mendapatkan sekitar 13 - 31 persen kebutuhan zat besi harian.Kehadiran zat besi mendorong tingkat oksigen dalam tubuh. Hal tersebut membantu mencegah tubuh kekurangan zat besi alias anemia yang bikin letih, lemas, dan lesu.

Kandungan lain dalam rambutan adalah fosfor, kalsium, dan vitamin B3. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.