Sukses

Ini yang Terjadi di Otak dan Tubuh jika Kurang Tidur

Kurang tidur bahkan tidur punya efek samping berbahaya pada otak dan tubuh Anda.

Liputan6.com, Berkeley, California Seorang profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California, Berkeley, California, Matthew Walker membeberkan efek kurang tidur pada otak dan tubuh. Kurang tidur sebenarnya akan mencegah otak membuat ingatan baru. Anda seolah-olah hampir tidak tidur. Kotak memori otak mati.

Protein beracun juga akan berkembang di otak bila kurang tidur. Protein yang disebut beta-amiloid terkait dengan penyakit Alzheimer. Untuk menghilangkan protein beracun ini hanya terjadi saat Anda tidur nyenyak di malam hari.

Jika Anda tidak cukup tidur tiap malam, maka lebih banyak protein beracun tersebut terbentuk. Semakin banyak protein beracun yang terbentuk, semakin besar risiko Anda mengalami demensia di kemudian hari, dilansir dari Business Insider, Rabu (27/12/2017).

Sistem kekebalan tubuh juga berdampak. Jika tidur 4-5 jam semalam, maka ada pengurangan 70 persen sel kekebalan antikanker, yang melawan kanker.

Durasi tidur singkat dapat memunculkan risiko Anda mengembangkan berbagai bentuk kanker. Misal, kanker usus, kanker prostat, dan kanker payudara.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruhi sistem kardiovaskular

Efek kurang tidur juga memengaruhi sistem kardiovaskular. Tekanan darah akan meningkat. Jika Anda tidur 6 jam atau kurang, maka Anda berisiko terkena serangan jantung fatal atau stroke sebesar 200 persen.

Lantas berapa lama orang bisa bertahan tanpa tidur, sebelum akhirnya mulai mengalami penurunan fungsi otak? Matthew menjawab, sekitar 16 jam orang dapat terjaga (tanpa tidur).

Lebih dari 16 jam, orang akan mengalami kemunduran mental dan kemerosotan fisiologis tubuh. Untuk mencegah hal tersebut, Anda memerlukan sekitar 8 jam tidur. Ini demi memperbaiki kerusakan otak dan tubuh tetap terjaga baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.