Sukses

3 Cara Hentikan Kebiasaan Overthinking

Berpikir berlebihan atau overthinking dapat Anda lepaskan dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Berpikir berlebihan atau overthinking kerap kali mengganggu pikiran dan aktivitas sehari-hari. Bila kondisi ini terjadi berlarut-larut, tak jarang tubuh ikut sakit dan membuat Anda tidak produktif lagi.

Melansir Pshchology Today, Jumat (8/9/2017) berpikir terlalu banyak tentang hal-hal negatif dapat menurunkan kesehatan mental. Ini bisa mendorong seseorang melakukan sesuatu di bawah alam sadar. Daripada berlarut-larut dalam kondisi menyesatkan ini, sebaiknya lakukan beberapa hal positif berikut yang mampu menghindari overthinking.

1. Tarik napas

Tarik napas dalam-dalam dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Lakukan hal ini dengan perlahan dan lepaskan seluruh pikiran negatif saat Anda menghebuskan napas. Ulangi berkali-kali, senyaman mungkin sampai Anda merasa lebih tenang dari sebelumnya.

2. Jalan kaki

Lepaskan alas kaki dan jalan ke mana pun yang Anda mau. Diiringi dengan musik kesukaan yang menenangkan dan lepaskan segala pikiran negatif dengan memandang sekeliling Anda.

Memilih tempat berjalan seperti taman, pantai, atau gunung akan lebih memberikan ketenangan yang lebih mendalam untuk terlepas dari overthinking.

3. Luapkan dalam kertas

Daripada Anda harus membendung pikiran di kepala, coba ambil secarik kertas dan tuangkan segala emosi dan amarah Anda disana. Menulis benar-benar dapat memotong kebiasaan overthinking Anda dikutip dari Huffington Post.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.