Sukses

Amankah Berenang Saat Menstruasi?

Ini yang harus kamu tahu jika ingin berenang saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Saat menstruasi, biasanya wanita menghindari olahraga renang karena sebagian orang menganggap berenang saat menstruasi dapat memperburuk keadaan.

Tak hanya itu, beberapa wanita juga meragukan kebersihan dan kuman yang akan menyerang vagina apabila berenang. Berikut beberapa jawaban tentang olahraga renang saat menstruasi, mengutip dari laman The Heatlh Site, Senin (10/7/2017).

1. Apakah higienis berenang saat haid?

Dengan menggunakan menstrual cup, darah haid akan terlindung dari kebocoran. Jika darah telanjur merembes, jangan khawatir karena darah akan larut dalam air kolam.

Kolam renang mengandung sejumlah kecil cairan tubuh seperti keringat dan urine, tetapi biasanya akan dinetralisasi oleh klorin untuk mencegah penyebaran penyakit.

2. Apakah saya akan meninggalkan jejak darah di dalam air?

Tekanan air bisa menghentikan aliran darah saat berenang, tetapi apabila Anda tertawa, batuk, bersin atau bergerak, tekanan bisa berubah dan sejumlah kecil darah bisa keluar.

Pilihan terbaik adalah menggunakan menstrual cup untuk menghindari kebocoran.

3. Bahayakah berenang saat haid?

Umumnya berenang tidak akan menularkan infeksi pada vagina. Kebanyakan keluhan saat berenang adalah mual apabila menelan air, dan infeksi kulit. Namun untuk antisipasi, cari tahu kualitas air di kolam renang tersebut.

Selain itu, segera mandi setelah berenang untuk mengurangi paparan klorin dan hindari duduk dengan pakaian basah. Jika Anda melihat adanya luka, gatal atau terbakar, segera periksakan ke dokter.

4. Apakah kram saat haid bertambah buruk jika berenang?

Latihan intensitas rendah seperti berenang sebenarnya bisa membantu meringankan kram menstruasi. Selama olahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami dan memberi Anda perasaan sehat yang meningkat.

5. Akankah pakaian renang saya ternoda oleh darah?

Menstruasi adalah proses alami. Jika Anda khawatir dengan noda atau kebocoran, Anda bisa mengenakan baju renang berwarna gelap atau menambahkan lapisan ekstra dengan mengenakan celana pendek berenang.

Mintalah seorang teman untuk mengingatkan Anda apabila terlihat noda darah atau periksa ke kamar mandi untuk memastikannya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.