Sukses

Ada Menstrual Cup, Tak Perlu Khawatir Renang Selama Haid

Selain menggunakan pembalut, perempuan pun memilih menggunakan menstrual cup. Salah satu keuntungannya, cocok dikenakan untuk berenang.

Liputan6.com, Jakarta Menstrual cup, wadah mirip corong yang terbuat dari silikon dan berguna menampung darah selama menstruasi, dianjurkan untuk dikenakan perempuan yang sedang datang bulan, tapi ingin berenang.

Jangan jadikan menstruasi alasan untuk tidak berenang. Dan, tak usah takut darah menstruasi bakal mengubah warna air di kolam renang.

Bagaimana pun juga, olahraga dengan intensitas rendah seperti berenang dapat mengurangi kram selama menstruasi.

"Yang tidak boleh ketika perempuan tidak menggunakan apa pun saat menstruasi. Jelas, karena darah dapat menyebar di dalam air. Selebihnya, berenang tidak akan membuat air kotor atau tidak aman," kata juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologist (RCOG), Janice Rymer, dikutip dari Metro pada Jumat (31/3/2017)

Namun, pastikan dulu bahwa penggunaan menstrual cup pada hari itu belum lebih dari enam jam.

Ginekolog Deborah Ottenheimer menjelaskan, meski menstrual cup mengandung bahan kimia yang lebih aman dari pembalut, penggunaannya tidak boleh lebih dari delapan jam.

"Selain itu, menstrual cup harus dicuci benar sebelum digunakan. Jika tidak, wadah tersebut akan menjadi sarang kuman yang akan menyerang organ kewanitaan Anda," kata Deborah dikutip dari Times of India.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini