Sukses

Hipertensi dan ISPA Banyak Dialami Pemudik

Tekanan darah tinggi atau hipertensi banyak diderita oleh para pengendara mobil yang mudik tahun ini.

 
Liputan6.com, Cilegon Tekanan darah tinggi atau hipertensi banyak diderita oleh para pengendara mobil yang mudik tahun ini. Sedangkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) banyak diderita oleh pemudik kendaraan bermotor roda dua selama arus mudik dan balik 2017.
 
"Tadi sudah kita cek, memang terbanyak pengemudi tentu tekanan darahnya naik. Kalau penumpang infeksi saluran penapasan, sakit maag, sakit di ototnya atau kram," kata Nilla F Moeloek, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, saat meninjau Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten.
 
Posko kesehatan di seluruh jalur mudik dan wisata pun diharapkan terus buka hingga pemudik benar-benar telah sampai ke rumahnya dan daerah wisata telah sepi dari pengunjung  libur Idul Fitri 2017.
 
Karena menurutnya, posko kesehatan akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan, terlebih mendapatkan pertolongan pertamanya dan pengobatan ringan.
 
"Baik pergi maupun pulang (mudik) kita harus menjaga stamina kita, pengemudi yang paling bertanggung jawab membawa penumpang," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.