Sukses

5 Makanan Ini Jangan Dimakan Mentah-Mentah

Terong dan beberapa makanan berikut ini tidak disarankan untuk dimakan secara mentah.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang percaya mengonsumsi makanan mentah memiliki manfaat sehat. Namun, sebelum mengonsumsinya ketahui beberapa jenis makanan berikut ini yang tidak boleh dimakan mentah. Apa saja ya?

Dilansir dari Boldsky, Selasa (13/6/2017) berikut jenis makanan yang sebaiknya tidak konsumsi secara mentah karena mengandung bakteri yang membahayakan pencernaan Anda.

1. Terong

Solanin, senyawa aktif yang terkandung dalam terong, jika dimakan secara mentah dapat menyebabkan keracunan yang disertai dengan muntah, keram perut, pusing, dan diare.

2. Kentang

Khusus kentang yang memiliki warna hijau pada dagingnya jika dimakan tanpa dimasak dapat menyebabkan keracunan. Racun tersebut berasal dari kandungan solanin.

3. Ayam

Tidak seperti daging ikan atau daging merah yang bisa dikonsumsi secara mentah, daging ayam tidak dapat dimakan mentah karena memiliki banyak bakteri berbahaya. Untuk mematikan semua bakteri dalam ayam, Anda harus memasaknya pada suhu 165 derajat.

4. Buncis

Jenis sayuran ini mengandung glikosida sianogen yang merupakan zat asam amino beracun. Oleh karena itu, Anda harus memasak matang buncis sebelum dikonsumsi.

5. Kacang merah

Lektin, racun alami yang terdapat dalam makanan mentah, dapat menyebabkan rasa mual.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.