Sukses

Tanpa Paksaan, Gim Ini Buat Seseorang Jalan Kaki Lebih Banyak

Pokemon Go terbukti membuat seseorang jalan kaki 2000 langkah kaki lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat gim (game) Pokemon Go? Permainan yang sempat populer beberapa saat lalu ini ternyata terbukti membantu seseorang jadi lebih aktif. Saat seseorang bermain Pokemon Go, jalan kaki lebih banyak dibandingkan hari biasa.

Permainan Pokemon Go ini memang meminta pemainnya untuk menuju sebuah titik di dunia nyata. Jika dalam sehari, seseorang memainkan gim ini lebih dari dua kali, paling tidak jalan kaki 10 ribu langkah per hari seperti disebutkan dalam studi yang dipresentasikan dalam pertemuan American Heart Association.

"Pokemon Go mungkin jadi gim di ponsel yang pernah adal. Tidak seperti permainan gim ponsel lainnya, gim yang ini membuat pemainnya jadi lebih aktif dan menjelajah dunia nyata. Sehingga gim ini membuat seseorang jadi lebih aktif fisik," kata penulis studi dari Duke University School of Nursing, Hanzhang Zhu mengutip Time, Selasa (14/3/2017).

Temuan menarik ini diketahui setelah Zhu melakukan studi terhadap 167 orang yang memainkan Pokemon Go. Langkah kaki para partisipan pun selalu tercatat setiap hari.

Hasilnya, saat tidak bermain Pokemon Go, rata-rata orang hanya berjalan kaki 5.600 langkah per hari. Namun saat bermain gim ini jadi 7.600 langkah. Jika bermain gim ini beberapa kali, bisa mencapai 10 ribu langkah per hari.

Gim ini juga terbukti membuat orang-orang jadi lebih aktif pada orang dengan tingkat aktivitas rendah sehari-harinya. Saat bermain gim ini mereka jadi berjalan kaki 3.000 langkah lebih banyak.

"Gim seperti Pokemon Go ini bisa jadi cara dalam mendorong seseorang jadi olahraga dengan jalan kaki," kata Xu lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.