Sukses

Penemu Teknik Heimlich untuk Tersedak Tutup Usia

Henry Heimlich, penemu teknik untuk bantu orang yang tersedak, tutup usia di umur 96 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Dokter penemu teknik untuk mengatasi gangguan tersedak, Henry Heimlich, tutup usia di umur 96.

Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, Dr Heimlich mengembuskan napas terakhir di sebuah rumah sakit di Cincinnati pada Sabtu pagi akibat komplikasi lantaran serangan jantung yang dideritanya sejak Senin.

Teknik Heimlich telah membantu menyelamatkan 100 ribu nyawa orang tersedak di AS.

Dr Heimlich menemukan teknik untuk mengatasi tersedak pada 1974. Caranya dengan menekan bagian perut atas seseorang dengan kadar tekanan tertentu sehingga mampu mengeluarkan potongan makanan atau hal lain yang menutupi saluran napas.

Pada Maret lalu Dr Heimlich masih bisa membantu menyelamatkan seorang wanita usia 87 tahun yang tersedak daging.

Seumur hidupnya, Dr Heimlich selalu ingin membantu dan menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa. Kabarnya Heimlich telah menyelamatkan setidaknya 100 ribu nyawa di Amerika Serikat. Beberapa figur publik yang merasakan terselamatkan dari tersedak dengan metode inu di antaranya mantan presiden AS, Ronald Reagan, aktris Cher, Elizabeth Taylor Goldie Hawn, dan lainnya.

Konon, teknik Heimlich bukanlah satu-satunya teknik penyelamatan yang digagas oleh Dr Heimlich. Pada 1962, dia mengembangkan Heimlich Chest Drain Valve yang menyelamatkan banyak nyawa tentara Perang Vietnam. Hngga saat ini teknik tersebut masih digunakan untuk pasien yang menjalani pembedahan dada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini