Sukses

Sosok Ayah Jadi Kunci Sukses Bentuk Pribadi Anak Lebih Positif

Aspek psikologis dan emosional ayah dalam mengasuh anak mengembangkan kepribadian anak yang lebih percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Seperti ibu, sosok ayah juga tak kalah penting dalam membentuk pribadi anak yang lebih positif. Sebuah penelitian yang dilakukan Oxford University melihat bahwa keterlibatan ayah dalam mengasuh anak akan membentuk pribadi yang lebih positif.

Menurut peneliti, aspek psikologis dan emosional ayah dalam mengasuh anak mengembangkan kepribadian anak yang lebih percaya diri.

"Bagaimana ayah melihat diri mereka sebagai orangtua seutuhnya yang bisa mengambil peran dan menyesuaikan diri di depan anak-anak mereka dan selama proses ini anak dapat meniru perilaku yang positif," ujar peneliti.

Para peneliti dari studi ini mengambil data dari Avon Longitudinal Study of Parents and Children di Barat Daya Inggris. Sebanyak 10.440 orangtua diminta untuk mengisi kuesioner yang berisikan tentang bagaimana sikap yang digunakan selama mengasuh anak, berapa waktu yang dihabiskan untuk anak, hingga perkembangan perilaku anak mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayah yang mengaplikasikan pola asuh positive parenting menghasilkan anak-anak yang tumbuh dengan baik dan tidak mengalami masalah perilaku hingga remaja.

"Efek positif ini memberikan kesejahteraan dan membuktikan bahwa keterlibatan ayah juga dapat meringankan dampak dari depresi ibu yang dapat meningkatkan risiko anak-anak. Sosok ayah lebih besar untuk menciptkan sebuah keluarga yang bahagia," tulis peneliti dalam BMJ Journals, dikutip dari Independent, Rabu (23/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.