Sukses

Tantrum Anak Semakin Parah Jika Orangtua Melakukan Ini

Konseling psikologis menyarankan agar orangtua tidak melakukan tiga hal berikut yang akan membuat tantrum anak semakin parah.

Liputan6.com, Jakarta Anak yang terlalu dimanja dapat menjadi faktor penyebab terbentuknya tantrum pada anak. Penting bagi orangtua atau seluruh anggota keluarga di dalam rumah untuk menyeragamkan pola asuh, khususnya saat berhadapan dengan anak tantrum.

Terdapat beberapa hal yang perlu dihindari orangtua dalam mengasuh anak tantrum di usia balita. Seperti dikutip laman Empowering Parents, ditulis Minggu (6/11/2016) Dr. Joan Simeo Munson, Ph.D.,  psikolog dari University of Denver, mengingatkan orangtua untuk tidak melakukan tiga hal berikut yang akan membuat tantrum anak semakin parah.

1. Orangtua yang bersikap fleksibel

Pola asuh yang fleksibel ini akan menyebabkan tantrum anak semakin parah. Pengertian fleksibel di sini adalah selalu mengabulkan semua keinginan anak. Menurut Joan ini bukan meredakan tantrum anak, justru anak akan sengaja mengeluarkan tantrumnya agar orangtua bisa mengabulkan segalanya.

Joan menyarankan agar orangtua selalu memberikan opsi kepada anak, "Misal saat sarapan, coba berikan anak dua pilihan menu makanan agar ia bisa mengontrol keinginannya. Sederhana saja seperti, 'ingin pancake atau waffle' atau 'ingin bawa lego atau boneka superman?".

2. Memberi alasan bertele-tele

Orangtua tidak perlu memberikan asalan yang bertele-tele saat tantrumnya muncul. Karena saat tantrum, anak cenderung tidak bisa berpikir secara rasional.

"Praktis saja, coba gunakan kata-kata yang singkat dan sesuaikan dengan usia anak Anda," kata Joan.

3. Teriak di depannya

"Jangan berteriak kembali kepada mereka. Sebab, ini akan berefek pada ketidakmampuan anak untuk mengekspresikan diri secara verbal. Saat ia frustrasi atau tantrumnya muncul, dia tidak bisa melakukan hal lain selain berteriak," ujar Joan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.