Sukses

Bahayakah Earphone atau Headset Ponsel yang Gunakan Bluetooth?

Belum lama ini perusahaan teknologi Apple merilis Iphone 7, yang mana tidak memiliki 'jack aux'.

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini perusahaan teknologi bergengsi, Apple merilis produk terbarunya yaitu, Iphone Apple 7. Kabarnya, edisi terbaru telepon genggam ini tidak akan memiliki jack headphone atau colokan pada sisinya yang biasanya digunakan sebagai akses untuk menyambungkan kabel headphone atau earphone.

Pasalnya, colokan tersebut dijadikan akses untuk penggunanya mendengarkan lagu atau berkomunikasi tanpa harus menempelkan ponsel ke telinga mereka.

Lantas, bagaimana para pengguna Iphone 7 mendengarkan lagu atau melakukan aktivitas lain yang mana sebelumnya mengandalkan keberadaan jack handphone tersebut? Perusahaan Apple kini telah berupaya untuk memperluas inovasi mereka dengan menciptakan ear buds Bluetooth.

Namun, apakah ear buds bluetooth ini tergolong aman untuk dipakai dalam keseharian setiap penggunanya? Mengingat banyaknya informasi seputar bahaya radiasi ponsel terhadap manusia, hal ini tentunya perlu dianalisa lebih jauh.

Seorang profesor di Wisconsin Medical College, Milwaukee , John Moulder menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada bukti konkrit yang menandakan adanya bahaya dari bluetooth. Menurutnya, belum ada mekanisme atau penjelasan berdasarkan ilmu fisika yang  membuktikan adanya ancaman dari pancaran signal bluetooth pada sel otak manusia.

"Kekuatan signal bluetooth masih tergolong rendah dan tidak membahayakan manusia dari sisi biologis mereka. Terlebih, belum ada laporan resmi terkait kerusakan sel atau dampak negatif pada sel otak manusia yang diakibatkan oleh bluetooth," ungkapnya kepada Live Science, mengutip Rabu (14/9/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini