Sukses

Ini Akibat Pakai Lensa Kontak Tak Tepat

Liputan6.com, New York- Kini, semakin banyak orang menggunakan lensa kontak (soft lens) untuk membantu penglihatan lebih jelas. Namun selalu ingat untuk menggunakannya dengan cara tepat. Penggunaan lensa kontak yang tak tepat bisa memicu masalah serius pada mata seperti infeksi dan kerusakan mata.

Berdasarkan studi dari Food and Drug Administration (FDA) dalam satu dekade terakhir, ada satu dari lima pengguna lensa kontak yang alami kerusakan mata. Mereka mengalami kondisi kornea terluka hingga butuh transplantasi kornea.

Sekitar 1.075 laporan infeksi mata terkait penggunaan lensa kontak dari 2000-2015. Ada 10 persen diantaranya masuk instalasi gawat darurat karena  penggunaan lensa kontak.  

"Lensa kontak adalah alat bantu yang aman dan efektif membantu penglihatan ketika digunakan dan dirawat seperti apa yang direkomendasikan," kata Direktur CDC Healthy Water Program, Michael Beach.

"Ketika lensa kontak tidak digunakan dengan tepat bisa menyebabkan sesuatu masalah serius pada mata hingga kerusakan mata jangka panjang,", kata Michael seperti dikutip laman Time, Senin (22/8/2016).

Salah satu rekomendasi yang perlu dilakukan adalah melepas lensa kontak saat tidur dan rutin mengganti lensa kontak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.