Sukses

Wanita Bisa Hindari Kanker Serviks dengan Olahraga

Manfaat berolahraga tak terelakkan lagi. Studi ungkap olahraga 30 menit per minggu bisa turunkan risiko kena kanker serviks.

Liputan6.com, New York- Satu lagi alasan wanita wajib berolahraga, yakni mengurangi risiko terkena kanker serviks. Bahkan, hanya sekitar 30 menit berolahraga dalam satu pekan saja mampu mengurangi risiko wanita terkena kanker serviks.

Fakta menarik ini diketahui lewat studi dari Roswell Park Cancer Institute (RPCI) di New York, Amerika Serikat. Mereka melakukan studi terhadap 1128 wanita dengan kanker serviks dan 512 wanita bebas kanker. Ternyata, orang-orang yang cenderung kurang aktif lebih mungkin untuk terdiagnosa kanker serviks.

Namun hanya dengan berolahraga 30 menit saja dalam seminggu bisa membuat perbedaan besar. Jika tidak berolahraga dengan durasi ini, potensi wanita terkena kanker serviks meningkat 2,5 kali dibandingkan yang berolahraga.

"Kami berpikir dengan hasil studi ini bisa menjadi pesan publik bahwa orang yang kurang berolahraga terkait dengan risiko yang lebih besar terkena penyakit serius. Temuan kami menunjukkan setiap olahraga dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks," tutur salah satu peneliti dari Department of Cancer Prevention and Control RPCI, Kirsten Moysich.

Jika ingin makin memperkuat risiko tidak terkena kanker serviks hindari merokok dan rutin lakukan skrining seperti melansir laman Science Daily, Kamis (19/5/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini