Sukses

Ini Reaksi Tubuh Saat Anda Menari

Liputan6.com, Jakarta Melakukan aktivitas fisik seperti mengangkat beban atau berlari di atas mesin treadmill adalah bentuk olahraga pada umumnya.

Melakukan aktivitas fisik tersebut setiap hari tentunya agak membosankan. Melansir laman Boldsky, Sabtu (2/4/2016) alternatif lain untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menari.

Kombinasi gerakan tubuh dan musik menawarkan beberapa manfaat kesehatan - untuk fisik dan otak tentunya. Tarian dapat menguntungkan kesehatan otak manusia, bagaimana bisa? Simak manfaat menari untuk kesehatan tubuh berikut ini.

- Membuat Anda lebih cerdas

Dengan menari seseorang cenderung mendapatkan hal yang lebih baik. Penelitian pun mengungkap orang yang sering menari akan mudah membuat keputusan yang baik. Menari juga dapat meningkatkan suasana hati seperti melepaskan racun dalam tubuh.

- Mengembangkan memori otot

Seseorang yang berprofesi sebagai penari tentunya memiliki teknik atau gerakan khusus. Tarian akan memvisualusasikan langkah tertentu dengan irama dan keterampilan kombinasi gerak yang memicu gerak otot menjadi lebih baik.

- Menari meringankan rasa pusing

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang sering menari secara teratur tidak akan rentan terhadap rasa pusing pada kepala.

Hal ini terjadi karena otak secara bertahap belajar untuk menekan sinyal tertentu dan memelihara keseimbangan dalam waktu yang lama dan intens saat menari.

- Menari meringankan risiko demensia

Sebuah studi baru mengungkap bahwa dengan menari secara teratur dapat meminimalkan risiko demensia sebesar 75 persen. Sebab mereka yang teratur menari cenderung akan lebih menggunakan cadangan kognitif yang lebih baik.

- Menurunkan berat badan

Gerakan tubuh saat menari membantu banyaknya kalori yang terbakar, apalagi menari dengan irama meningkat akan membakar semangat lebih tinggi lagi.

- Memperlambat proses penuaan

Memori akan cenderung menurun jika tak digunakan, dan dengan menari memori akan mengolah dan mengingat setiap langkah gerakan per irama.