Sukses

Kesembuhan Capai 90 Persen Jika Kanker Anak Terdeteksi Dini

Jika ditemukan kanker pada anak dalam stadium dini, data-data di luar negeri mengungkapkan kesembuhan kanker anak bisa capai 90 persen.

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan kanker pada orang dewasa yang bisa dicegah, kanker anak tidak bisa dicegah. Meski begitu, jika ditemukan kanker pada anak dalam stadium dini, data-data di luar negeri mengungkapkan kesembuhan kanker anak bisa capai 90 persen.

"Secara teoritis kanker yang sering terjadi pada anak seperti leukemia dan retinoblastoma bila ditemukan dalam stadium awal kemungkinan sembuhnya lebih besar. Leukemia misalnya di luar negeri kesembuhan bisa capai 80 persen lalu retinoblastoma bisa sampai 90-an persen," tutur dokter spesialis anak yang mendalami kanker, Mururul Aisyi.

Namun sayangnya, berdasarkan pengalamannya bekerja di RS Kanker Dharmais Jakarta hanya sekitar 10 persen pasien kanker anak yang datang dalam stadium dini.

"Jadi sebagian besar yang datang sudah dalam stadium lanjut," tutur dokter Aisyi dalam acara peringatan Hari Kanker Anak Internasional yang diadakan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) di Jakarta, ditulis Senin (22/2/2016).

Oleh karena itu menurutnya, penting sekali bagi orangtua memahami gejala-gejala kanker pada anak secara dini. Ketika menemukan gejala, orangtua bisa mengecek ke rumah sakit terdekat untuk memastikan apakah itu kanker atau bukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini