Sukses

4 Kerugian Jika Makan Siang di Meja Kerja

Jangan makan siang di meja kerja jika tak mau merasakan 4 dampak buruknya

Liputan6.com, Jakarta Demi menghemat waktu atau alasan lainnya membuat sejumlah karyawan yang lebih memilih menyantap menu makan siang di meja kerja ketimbang jalan ke kantin bersama rekan satu kantor. Jika ini telah menjadi kebiasaan Anda, segeralah ubah jika tak ingin menyesal di kemudian hari.

Ini dampak yang bakal Anda terima jika Anda selalu memilih makan di atas meja kerja dibanding makan siang di kantin sambil berbincang santai bersama teman-teman, seperti dikutip dari situs Times of India, Senin (18/1/2016):

1. Makan terlalu cepat

Alasan karyawan makan siang di atas meja kerja karena tengah menyelesaikan pekerjaan. Secara otomatis, mereka makan terburu-buru. Ahli gizi Shona Wilkinson mengatakan, makan cepat-cepat dapat merugikan kesehatan. Seharusnya, tubuh dalam posisi tegak ketika tangan memasukan sendok berisi makanan ke dalam mulut, bukan malah membungkuk sambil fokus menatap layar komputer.

"Duduk tegak dapat meningkatkan pencernaan Anda dan mengurangi kembung," kata Shona.

2. Mengunyah makanan secara perlahan

Mengunyah setiap suapan secara perlahan dan menyeluruh melepas lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita santap. Sedangkan menelan makanan yang dikunyah secara kurang maksimal menyebabkan terjadinya kembung. Inilah perlunya kita makan siang di kantin bukan di atas meja kerja.

3. Makanan tidak bergizi

Seringnya, karyawan memilih menyantap makanan cepat saji di atas meja kerja ketimbang makanan sehat. Makanan olahan penuh lemak dan gula, kata Shona, hanya menambah timbunan lemak di tubuh. Selain itu membuat kita mudah mengantuk.

4. Membantu kita menurunkan berat badan

Makan terlalu cepat karena diburu-buru pekerjaan membuat kita tidak menyadari apakah tubuh sudah benar-benar kenyang atau tidak. Akibatnya, membuat kita mudah sekali lapar padahal sudah makan banyak. Sedangkan saat kita makan dalam keadaan santai, kita lebih mudah memahami sinyal kenyang.

Terlepas dari itu semua, The American Journal of Clinical Nutrition menyebut, makan di depan layar komputer atau televisi membuat kita lebih mudah menyantap lebih banyak kalori. Lebih baik fokus pada makanan, jauhkan kedua mata dari layar komputer dengan memandang objek lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini