Sukses

Menarilah Jika Berat Badan Tak Turun Juga

Liputan6.com, Jakarta Sudah mencoba berbagai cara dan beragam jenis olahraga tapi berat badan tak kunjung turun? Jangan Depresi dulu karena para peneliti punya jawaban untuk mewujudkan mimpi Anda tersebut. Mereka menemukan, menari dapat membakar lebih banyak kalori dibanding ketika Anda berjalan, berenang, dan bersepeda.

Tiga puluh menit melakukan tari kontemporer dengan gerakan yang intens, mengayunkan tangan dan menggerakan tubuh dengan benar, dapat membakar 293 kalori. Sedangkan berjalan hanya dapat membakar 264 kalori, dan berenang 249 kalori. Tak sekadar kurus, menari juga dapat meningkatkan kesehatan psikologis Anda. 

Dr Nick Smeeton dari University of Brighton mengatakan, "Menari tidak muncul hanya untuk meningkatkan energi positif dan mengurangi energi negatif tapi juga membantu Anda menurunkan berat badan."

Untuk mendapatkan hasil ini, dia bersama rekannya Dr Gary Brickley serta tim peneliti dari Department of Sport and Exercise Science terlebih dahulu melakukan analisis terhadap sekelompok mahasiswa berusia 24 hingga 38.

Lalu 15 orang penari dari London's City Academy turut mengambil bagian, di mana para peneliti juga mengukur mengukur detak jantung, jarak yang mereka tempuh, energi yang mereka keluarkan, dan keadaan psikologis mereka.

Selama mengambil sesi latihan berupa balet, kontemporer, salsa, dan tari yang mengayun selama 30 menit, mereka dipakaikan rompi ketapel yang dapat memonitor detak jantung sekaligus energi yang dikeluarkan.

Hasilnya, selain menemukan emosi mereka lebih stabil, peneliti dibikin kaget dengan fakta orang yang menari kontemporer, jalan, dan mengayun membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang bersepeda, berenang, jalan kaki di waktu yang bersamaan.

Untuk memastikan hasil yang akurat, para peneliti juga memperhitungkan berat badan, usia, dan tingkat kebugaran dari masing-masing penari.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Rabu (23/12/2015), Dr Smeeton mengatakan, sangat terkejut menemukan balet yang dianggap olahraga ringan memiliki manfaat besar seperti ini.