Sukses

Ajak Anak untuk Sehat itu Mudah, Terapkan saja Prinsip 5S

Liputan6.com, Jakarta Sekali pun para orangtua meletakkan perangkat elektronik berupa televisi dan komputer di kamar anak, tidak akan membuat mereka jadi loyo di sekolah keesokan harinya bila orangtua juga menerapkan prinsip 5S di kehidupan sehari-hari. Ada pun prinsip 5S yang dimaksud oleh Dr. dr Samuel Oetoro, MS, SpGK adalah makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan sehat.

Ada pun prinsip 5S yang dimaksud oleh Dr. dr Samuel Oetoro, MS, SpGK adalah makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan sehat.

 

"Salah satu ketakutan orangtua bila menaruh televisi dan gadget di dalam kamar adalah anak jadi loyo di sekolah. Kalau ini diterapkan, anak tidak akan loyo. Dan masih bisa menaruh semua ini di dalam kamar," kata Samuel.

Makan sehat, jelas Samuel, adalah aktivitas mengonsumsi makanan dengan prinsip 4J yaitu jumlah, jadwal, jenis, dan jurus masak. Jadwal makan harus tiga kali sehari, diselingi snack pada jam-jam rawan. Supaya anak terhindar dari obesitas, harus diimbangi juga dengan olahraga.

Anak sebaiknya mengonsumsi makanan dengan prinsip 4J yaitu jumlah, jadwal, jenis, dan jurus masak.

Makanan yang diasup juga harus lengkap dan usahakan mengganti menunya setiap hari. Ada karbohidrat, serat, dan protein. Jangan lupakan lemak yang kerap dianggap jahat oleh kita. Sebab, ada juga lemak sehat seperti minyak ikan yang kaya omega 3 yang harus mereka konsumsi juga. "Susu jangan lupa, karena susu mengandung protein dan kalsium yang tinggi," kata dia dalam diskusi yang diadakan Frisian Flag dengan tema 'Tantangan Pola Pikir Orangtua Millenial Terhadap Pola Pengasuhan Anak di Indonesia' pada Selasa (15/12/2015) siang.

Hindari memasak dengan cara digoreng. Ganti dengan cara direbus, dikukus, atau dibakar. Akan tetapi seorang anak masih boleh menyantap makanan yang digoreng. "Sehari cuma boleh sekali atau dua kali," kata dia menekankan.

Sedangkan berpikir sehat, usahakan jangan bikin anak stres. Sebagai orangtua, jangan terlalu banyak menuntut, apalagi memenuhi keinginan yang belum tentu sanggup dilakukan oleh si Kecil. Jangan lupa biarkan anak istirahat sehat dengan tidur di malam hari selama delapan hingga sepuluh jam.

"Usahakan juga tidur siang. Nggak perlu lama, satu jam cukup. Kalau si anak bilang belum ngantuk, naikan dia ke atas ranjang, lama kelamaan akan tidur dengan sendirinya. Setelah satu jam, bangunkan," kata Samuel mencontohkan yang dia lakukan ke anaknya yang paling kecil.

Terakhir olahraga atau aktivitas sehat. Sebelum menyuruh anak olahraga, pastikan terlebih dahulu Anda sebagai olahraga sudah melakukan aktivitas fisik dengan rutin. Agar anak fun dalam melakukannya, ajak dia olahraga sambil bermain seperti main bola, badminton, dan bersepeda. "Selain itu, jangan merokok di depan anak. Ciptakan lingkungan yang sehat," katanya menekankan.

Menurut Samuel, menerapkan prinsip 5S di kehidupan sehari-hari tidaklah sukar. Semua mudah jika orangtua punya motivasi. Misalnya mau sehat di usia tua, punya anak yang sehat juga dan tidak tumbuh jadi anak obesitas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS