Sukses

7 Tips Jitu Memilih Sepatu

Sepatu yang salah tak hanya mengurangi kenyamanan olahraga, mereka juga bisa membuat Anda cedera.

Liputan6.com, Jakarta Memilih sepatu olahraga tak bisa Anda lakukan secara asal-asalan, karena memilih sepatu yang salah tak hanya mengurangi kenyamanan olahraga, mereka juga bisa membuat Anda cedera.

Kutipan dari Real Simple, ditulis Kamis, 15/10/2015 ini akan memberi tahu Anda cara-cara jitu memilih sepatu olahraga yang tepat:

1. Pilih secara spesifik

Sepatu masing-masing olahraga memiliki fungsi dan desain yang berbeda, karenanya Anda tak bisa mencampuradukkannya, bahkan untuk olahraga yang sepintas terlihat sama. Selalu gunakan sepatu yang khusus di desain untuk olahraga yang akan Anda lakukan.

2. Kenali bentuk kaki

Penting bagi Anda untuk mengenali bentuk kaki dan bukan hanya ukurannya saja. Kenali bentuk kaki Anda dengan melakukan 'wet test'. Basahi kaki, lalu injaklah selembar kertas. Bentuk jejak kaki akan menunjukkan bentuk kaki Anda. Bawalah kertas tadi saat Anda akan membeli sepatu untuk memudahkan pelayan toko membantu Anda memilih sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki Anda.

3. Pilih sepatu yang langsung terasa nyaman

Sepatu yang tepat akan langsung terasa nyaman begitu Anda memakainya. Jangan percaya omongan pelayan toko yang mengatakan bahwa sepatu akan menjadi semakin nyaman semakin Anda lama memakainya. Jika sepatu yang Anda coba tak langsung terasa enak dipakai, berarti itu bukan sepatu yang tepat untuk Anda.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sisakan jarak

4. Sisakan jarak

Selalu sisakan jarak selebar ibu jari tangan antara ujung jari kaki dan ujung sepatu. Selain itu, saat Anda berjalan pastikan tumit tidak terlepas dari sepatu.

5. Bawa kaus kaki sendiri

Bawa kaus kaki sendiri saat membeli sepatu sesuai kebutuhan olahraga. Hal ini untuk memastikan bahwa sepatu itu akan benar-benar nyaman saat Anda pakai berolahraga nanti.

6. Harga berbicara

Untuk urusan sepatu olahraga, harga memang menentukan kualitas. Teknologi yang dibutuhkan untuk menciptakan sepatu olahraga yang baik sayangnya memang tidak murah. Anggap harga yang Anda bayarkan adalah investasi bagi kesehatan tubuh.

7. Ganti sesuai waktu

Sepatu lari idealnya Anda ganti setelah digunakan menempuh jarak 600 km. Setelah melewati jarak itu, biasanya sepatu sudah mulai berubah bentuk dan tidak lagi berada dalam kondisi terbaik. Pastikan Anda mengetahui batas waktu penggunaan sepatu untuk setiap jenis olahraga yang Anda lakukan. (Nils)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini