Sukses

Pria Tertua di Dunia Tutup Usia

Pria tertua di dunia versi Guinness World Records, Sakari Momoi meninggal di usia 112 tahun.

Liputan6.com, Fukushima Pria tertua di dunia versi Guinness World Records, Sakari Momoi meninggal dunia di usia 112 tahun. Sejumlah media setempat melaporkan, Momoi mengalami gagal ginjal sebelum akhirnya tutup usia, Minggu lalu.

Mengutip laman Dailymail, Rabu (8/7/2015) Momoi lahir di Jepang, pada 5 Februari 1903. Pria ini berujar, dirinya selalu melakoni hidup sehat dan tidur yang cukup.

Pria yang memiliki lima anak ini juga mengatakan hobinya adalah salah satu cara membuatnya tetap hidup. Dia memang suka membaca puisi Cina dan berlatih kaligrafi.

Tumbuh di Fukushima, ia berkarir sebagai seorang guru. Saat usianya 42 tahun, Perang Dunia II selesai dan ia pindah ke Saitama, Tokyo. Disana, dia menjabat sebagai kepala sekolah sampai pensiun.

Momoi masuk rekor dunia pada bulan Agustus 2014, ketika usianya 111. Saat itu, dia dan rekannya Yasutaro Koide (112) lolos menjadi pria tertua di dunia, menurut Kelompok Riset Gerontologi di Los Angeles.

"Dia pergi dengan damai, seperti baru saja tertidur. Kami akan sangat merindukannya," kata pejabat di panti jompo, Tomohiro Okada.

Selama hidupnya, Momoi menyaksikan penerbangan pertama, Perang Dunia ke II, terciptanya televisi dan internet, penemuan teori relativitas oleh Albert Einstein dan atom oleh Ernest Rutherford.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini