Sukses

Rasa Sakit di Tubuh Cermin Masalah Emosional? (I)

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa kondisi emosional dan pikiran Anda bisa berdampak pada kesehatan tubuh?

Dr. Susanne Babbel, psikolog yang khusus menangani trauma dan depresi mengungkapkan hal berikut dalam Psychology Today, "Studi menunjukkan bahwa rasa sakit kronis tidak hanya disebabkan oleh cedera fisik, melainkan juga stres dan masalah emosional."

"Seringkali sakit fisik tersebut adalah petunjuk bagi seseorang bahwa ada masalah emosional yang harus diselesaikan," lanjut Dr. Susanne.

Sementara itu dr. Murray Grossan dari Grossan Institute menulis, "Hal pertama yang harus dicermati untuk menyembuhkan penyakit adalah menghentikan stres dan zat kimia penyebab cemas yang bisa mengganggu proses penyembuhan normal."

Anda ingin tahu lebih jauh tentang hubungan antara emosi dan sakit yang timbul di area tubuh tertentu? Berikut penjelasannya seperti dilansir Shieldspirit.com, Senin (8/6/2015). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Sakit di Kepala

1. Sakit di Kepala 

Photo: shieldspirit.com

Dokter Christina Peterson menulis, "Stres dan masalah emosional adalah pemicu munculnya migrain." Sakit kepala yang Anda rasakan bisa jadi dipicu oleh stres sehari-hari. Stres yang tidak perlu bisa menyebabkan pukulan di tengkorak kepala. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk rileks. Lakukan sesuatu untuk mengurangi ketegangan yang Anda rasakan. 

3 dari 7 halaman

Sakit di Leher

2. Sakit di Leher 

Photo: shieldspirit.com

Menurut Lori D'Ascenzo, praktisi Reiki dan ahli kinesiologi, "Leher Anda adalah tempat di mana Anda menyimpan rasa bersalah dan penghakiman terhadap diri sendiri." Sakit di area leher mengindikasikan Anda mungkin bermasalah dalam hal memaafkan diri sendiri atau terlalu dalam menghakimi diri sendiri. Jika Anda merasa bersalah akan perlakuan Anda terhadap orang lain, sekarang mungkin saat yang tepat untuk meminta maaf. Mencintai diri sendiri dan memaafkan apa yang telah terjadi bisa jadi kunci untuk mengatasi rasa sakit di leher Anda.  

4 dari 7 halaman

Sakit di Pundak

3. Sakit di Pundak 

Photo: shieldspirit.com

Kinelogis profesional, Ros Kitson percaya, "Pundak adalah tempat kita memikul beban. Kita berbicara tentang, `memikul masalah` dan ini yang sesungguhnya terjadi ketika pundak kita terasa tegang dan sakit." Mungkin ini saatnya Anda berbagi beban dengan orang lain untuk membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas rumah atau kantor. 

5 dari 7 halaman

Sakit di Punggung Atas

4. Sakit di Punggung Atas 

Photo: shieldspirit.com

Menurut penulis buku self-help dan life coach Ronda Degaust, "Punggung bagian atas berkaitan dengan rasa kekurangan dukungan emosional. Anda mungkin merasa kurang dicintai atau Anda menahan rasa cinta bagi orang lain." 

Ini mungkin saat yang tepat untuk kembali mendekat pada orang-orang tersayang dan menguatkan hubungan. Jika Anda lajang, ada baiknya untuk mengambil inisiatif berkencan. Rasa cinta yang cukup akan mengatasi masalah punggung atas Anda. 

6 dari 7 halaman

Sakit di Punggung Bawah

5. Sakit di Punggung Bawah 

Photo: shieldspirit.com

Dr. Mark W. Tong, pakar natural healing, mengatakan pada Little Things, "Uang dan masalah finansial berkaitan dengan sakit punggung." 

Sama seperti masalah kurangnya dukungan emosional, kurangnya dukungan emosional juga menyebabkan rasa sakit di punggung bawah. Sebaiknya Anda mengevaluasi lagi kecenderungan pengeluaran Anda agar tidak merasa stres saat menerima tagihan di akhir bulan. 

7 dari 7 halaman

Sakit di Siku

6. Sakit di Siku 

Photo: shieldspirit.com

Dr. Alan Fogel menulis di Psychology Today, "Semua emosi memiliki komponen motor." 

Sakit atau rasa kaku di siku menandakan Anda cenderung kaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan sulit beradaptasi dengan perubahan. Ini adalah saat yang tepat untuk berkompromi dengan pasangan hidup tentang masalah yang tengah Anda hadapi. Tidak ada salahnya pula jika Anda mencoba hal baru, seperti misalnya mendatangi kedai kopi yang berbeda dari biasanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.