Sukses

Para Dokter Sambut Baik Rencana Pemerintah Sahkan UU Larang Miras

Rencana pemerintah bakal mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Larangan Minuman Beralkohol jadi undang-undang, disambut penuh suka cita

Liputan6.com, Jakarta Rencana pemerintah bakal mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Larangan Minuman Beralkohol jadi undang-undang, disambut penuh suka cita dokter di Siloam Hospital Kebun Jeruk.

Melihat dampak minuman alkohol yang menyengsarakan, sudah seharuskan undang-undang itu diadakan. Semoga ke depannya, jumlah penderita jantung akibat minuman alkohol berkurang.

"Konsumsi alkohol berlebihan membuat kerja jantung lebih berat. Akibat rusaknya lapisan paling dalam pembuluh darah, menimbulkan penyumbatan pembuluh darah," kata Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospital Kebon Jeruk, dr.Sandra Utami Sp.PD di Jakarta, Selasa (14/4/2015)

Satu kata yang pantas disematkan untuk minuman alkohol adalah racun, yang merugikan pembuluh darah, dan risiko semakin besar bahi pasien setelah operasi jantung.

"Kalau menyerang jantung bisa serangan jantung, kalau di ginjal maka dapat mengalami kerusakan ginjal sehingga harus dicuci darah terus," kata dia menambahkan. Bahkan, akibat minuman alkohol pun, kaki kita yang awalnya sehat berujung amputasi.

"Karena penyumbatan terjadi di pembuluh darah di tungkai kaki, maka berisiko infeksi sehingga harus diamputasi," kata dia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.