Sukses

Mulas Tiga Minggu Terus-Menerus Bisa Jadi Tanda Kanker

Mulas hampir setiap hari selama tiga minggu atau lebih dapat menjadi tanda kanker

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kampanye kesehatan di Inggris menyebutkan bahwa mulas hampir setiap hari selama tiga minggu atau lebih dapat menjadi tanda kanker. Keluhan diklaim merupakan tanda kanker esofagus atau lambung.

Seperti dimuat laman Mirror, Senin (26/1/2015), diagnosis dini esofagus atau kanker lambung atau dikenal kanker oesophago tentu sangat penting. Karena sekitar 67% orang yang didiagnosis dengan kanker lambung pada tahap awal bertahan setidaknya selama lima tahun. Tanda lain yang disorot adalah kesulitan menelan makanan.  

Direktur Kesehatan dan Kesejahteraan di Inggris, Profesor Kevin Fenton, mengatakan pentingnya untuk meningkatkan diagnosis dini untuk mendorong siapapun pergi ke dokter ketika sakit perut selama tiga minggu,

Di sisi lain, ahli bedah Profesor Michael Griffin, mengatakan, tanda ini belum pasti kanker karena perlu ada skrining lebih lanjut. Tapi tidak ada salahnya memeriksakan diri lebih dini untuk intervensi bila ada penyakit.

Seperti jenis kanker lain, kanker lambung hingga kini belum ada yang mengetahui penyebabnya. Namun pengaruh gaya hidup diduga masih menjadi pemicu yang kuat. 

Kanker lambung biasanya dimulai dari adanya pertumbuhan sel-sel yang abnormal. Pada akhirnya, pertumbuhan sel-sel baru ini akan membentuk jaringan-jaringan yang disebut polip atau tumor yang akan menyebabkan perut nyeri dalam waktu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.