Sukses

Mau Langsing? Coba Perbanyak Konsumsi Protein

Daripada bingung mencari jenis diet yang pas, mungkin ada baiknya mencoba saran dari ahli gizi ini

Liputan6.com, Jakarta Daripada bingung mencari jenis diet yang pas, mungkin ada baiknya mencoba saran dari ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah. Sebab menurutnya, turunnya berat badan bisa dibantu dengan konsumsi protein.

"Kuncinya ada pada protein. Makanan yang mengandung protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna sampai ke sistem pencernaan. Artinya, tubuh kita akan merasakan kenyang lebih lama dan hasrat makan pun terkontrol," kata Hardinsyah saat diwawancarai wartawan usai talkshow kesehatan di Hotel Le-Meridien, Jakarta, ditulis Jumat (23/1/2015).

Untuk mencegah kelebihan protein, Hardinsyah menyarankan untuk minum air putih sesuai kebutuhan. "Asupan air seimbang dapat meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh. Jadi ketika minum, kita juga akan merasa lebih kenyang, dan akan terhindar dari makanan yang berlebihan."

Situs penelitian Livesciene melaporkan, diet tinggi protein membuat tubuh melepaskan zat kimia bernama ketone ke aliran darah. Ketone bisa mempermudah diet karena bisa menurunkan nafsu makan. Meski begitu, membatasi karbohidrat dan asupan lainnya dengan melakukan diet protein bisa membuat oran lebih berisiko mengalami konstipasi. Secara logis, diet yang tidak dilakukan degan seimbang, misalkan hanya dengan mengonsumsi protein saja juga bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini