Sukses

Aksi Donor Aferesis Digelar di Medan

Komunitas Apheresis menggelar donor darah aferesis

Liputan6.com, Medan Menyambut hari ulangtahun yang pertama, Komunitas Apheresis Medan menggelar aksi donor darah bertema `Dengan Donor Darah, Kita Tunjukan Anak Medan Peduli Sesama`, bersamaan dengan seminar `Deteksi Kanker Anak Secara Dini` yang diadakan oleh SOHO Global Health.

Ada pun donor darah yang dilakukan oleh komunitas pemuda pemudi Medan yang dibentuk atas dasar kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan darah, bukanlah donor darah biasa. Sebab, aksi kali ini merupakan donor aferesis.

Donor aferesis merupakan metode donor darah, di mana sel darah merah dipisahkan dengan sel darah putih (trombosit). Trombosit, berguna dalam proses pembekuan darah dan meningkatkan respons daya tahan tubuh.

Dengan metode donor aferesis, satu pendonor dapat menghasilkan 1 sampai 3 kantung trombosit dan dapat dilakukan dalam interval waktu dua minggu, karena jumlah trombosit pendonor akan kembali normal dalam waktu 2x24 jam, sedangkan metode whole blood donor membutuhkan interval waktu 3 bulan.

Menurut Ketua Pelaksana Aksi Donor Darah Medan, Wilson Budhiyanto, komunitas Apheresis Medan ada dan berdiri sebagai bentuk kepedulian terhadap sejumlah pejuang kanker yang membutuhkan darah khususnya trombosit.

"Kami senang dan juga bangga, SOHO Global Health dapat memberikan dukungannya kepada kami sebagai jembatan penghubung bagi para pasien yang kurang mampu namun membutuhkan donor trombosit”, katanya seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Senin (10/11/2014).

Selain Komunitas Apheresis Medan hari donor aferesis juga didukung lebih dari 50 komunitas Medan lainnya Yayasan Onkologi Anak Medan, Persatuan Donor Darah Indonesia Sumatera Utara, Komunitas peduli sosial Lions Club, dan Komunitas Pendonor Aferesis Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini