Sukses

Pengabdian pada Masyarakat, FKG Universitas Trisakti Beri Pengobatan dan Penyuluhan di Kembangan

Kegiatan ini merupakan acara pengobatan pertama yang kembali dilakukan setelah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (PS PDGS KG) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa Pengobatan dan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan tema Bahaya Infeksi Endodontik terhadap Kesehatan Tubuh.

Acara ini dilaksanakan di RPTRA Kembangan Selatan dengan sasaran Ibu Kader Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat dengan sponsor Shofu dan MDI Dental, pada Kamis (15/05).

Kegiatan ini merupakan acara pengobatan pertama yang kembali dilakukan setelah pandemi Covid-19. Target peserta kegiatan ini meliputi 50 Ibu Kader Kelurahan Kembangan Selatan dengan fasilitator kegiatan terdiri dari 14 residen PS PDGS KG FKG Universitas Trisakti dan 4 dosen pembimbing.

Kegiatan acara ini diawali pre-test untuk melihat tingkat pengetahuan ibu-ibu kader akan bahaya infeksi endodontik terhadap kesehatan tubuh. Setelah itu penyuluhan secara interaktif, post-test dan puncak kegiatan meliputi pemeriksaan beserta pengobatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disambut baik masyarakat

Acara PKM ini disambut baik oleh masyarakat setempat, dan mereka merasa senang karena kegiatan PKM ini dapat memberikan pengetahuan baru. Adanya pelayanan penambalan dengan komposit, initial emergency endodontic treatment dan rujukan untuk pengobatan gigi yang lebih lanjut juga sangat membantu dan bermanfaat.

PS PDGS KG FKG Universitas Trisakti juga memberikan apresiasi dalam bentuk souvenir kepada Ibu Kader Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat yaitu tumbler, sikat dan pasta gigi.

 

3 dari 3 halaman

Meningkatkan kesadaran masyarakat

Ketua Program Studi (KPS) PS PDGS KG FKG Universitas Trisakti, Dr. drg. Meiny Faudah Amin, Sp. KG, Subsp. KR(K), mengatakan bahwa acara PKM ini merupakan acara rutin yang akan dilakukan setelah pandemik berakhir. Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut serta bahaya infeksi endodontik terhadap kesehatan tubuh.

"Keadaan rongga mulut merupakan cerminan kesehatan atau pintu gerbang bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga masyarakat diharapkan menjadi sadar dan tidak ragu untuk segera ke dokter gigi jika memiliki gigi yang berlubang atau sakit," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini