Sukses

Barang-barang yang Tak Perlu Dibeli untuk Bayi Anda

Orangtua mungkin akan membeli sejuta produk saat menyambut kehadiran bayi pertamanya. Tapi, itu semua akan berakhir dengan tertumpuk debu.

Liputan6.com, London Orangtua mungkin akan membeli sejuta produk saat menyambut kehadiran bayi pertamanya. Tapi, itu semua akan berakhir dengan tertumpuk dengan debu sehingga yang ada Anda buang-buang uang.

Ada beberapa benda yang sebaiknya tak dibeli orangtua untuk bayinya seperti dilansir Parentdish, Rabu (2/4/2014):

1. Kereta dorong bayi yang besar

Sebelum bayi Anda hadir di bumi ini tampaknya ini menjadi ide yang baik. Tapi, setelah semuanya Anda merasa kereta dorong tersebut tak aman dan nyaman buat si kecil.

Kereta dorong besar ini saja sudah berat dan memiliki dimensi yang bersusun dan mungkin baru bisa digunakan saat usia 10 bulan.

Seorang ibu Catherine Jones termasuk yang menyesal membeli kereta dorong yang cukup besar untuk bayinya Freddie yang berumur tiga bulan. Belum lagi ukurannya yang terlalu besar sehingga tidak muat dimasukkan ke bagasi mobil. Sebagai gantinya, Anda bisa membeli yang ringan dan bisa dipakai sejak lahir.

2. Penghangat botol

Bayangan orangrya adalah ketika anaknya kehausan ingin minum susu, ia akan memberinya di botol sehingga Anda memerlukan penghangat susu. Tapi, alat ini membutuhkan waktu delapan menit.

Seorang ibu merasa membeli penghangat botol hanya buang-buang saja karena memerlukan waktu yang lama atau biasanya berakhir botol kepanasan saat anak kehausan. Yang ada, orangtua panik mencoba menenangkan bayinya yang menangis.

Sebagai gantinya, ada cara yang murah dan cepat untuk menghangatkan botol yang digunakan yakni merendamnya dalam kendi air panas selama beberapa menit. Atau, apakah bayi Anda mau susu dengan suhu kamar sehingga Anda tak perlu menghangatkannya sama sekali.

Tapi, apabila ibu ingin membeli botol penghangat, pastikan Anda membeli yang cepat waktunya yakni di bawah empat meniy.

3. Banyak mainan untuk bayi

Bayi yang baru lahir tak membutuhkan mainana dan bayi akan menatap Anda saat tidur atau makan. Sebagai gantinya: Untuk bayi yang baru lahir, mainan yang Anda butuhkan sangat sedikit dan mungkin itu beberapa mainan saja. Setelah beberapa bulan, bayi Anda baru mulai berminat dengan apa yang ada di sekitarnya dan pilihannya mainan yang sangat sedikit. Anda juga tak perlu kotak mainan yang penuh karena bayi Anda senang memainkan satu atau dua saja.

4. Stater set

Misalnya peralatan lengkap untuk bayi apakah itu untuk mandi, makan, atau susu. Anda tak mungkin membutuhkan semuanya atau mungkin lebih baik memilih kombinasi yang berbeda dan ekonomis.

Sebagai gantinya: Anda cukup memilih produk yang Anda butuhkan dan belilah secara terpisah sehingga Anda mendapat apa yang Anda inginkan.

5. Botol susu ukuran bayi baru lahir

Beberapa merek memproduksi botol susu bayi dalam ukuran yang lebih kecil untuk bayi yang baru lahir, tapi ini bisa terlalu kecil setelah bayi Anda membutuhkan lebih banyak susu. Satu-satunya keuntungan, botol ini tak mengambil banyak ruang di dalam tas Anda.

Sebagai gantinya: Anda bisa membeli botol ukuran normal sekitar 250 ml atau 260 ml, bahkan untuk bayi yang baru lahir. ApabilA nda memilih botol untuk tahap kedua, tentu aliran susu yang keluar lebih cepat dan cocok untuk bayi yang lebih besar. Anda bisa memilih dot ukuran yang berbeda, yang alirannya lambat cocok untuk bayi baru lahir.

6. Perabotan kamar bayi

Furnitur (perabotan) bayi biayanya cukup mahal. Ruby Shah, seorang ibu dua anak menyesal membeli furniture untuk kamar bayinya. Ia menduga memiliki lemari kecil dan laci berguna. Tapi, saat anaknya bertambah usianya, anaknya itu sudah mencapainya. Tapi ketika anaknya sudah cukup usianya mengeluarkan atau memasukkan baju jadi kesulitan.

Menurutnya, akan lebih baik memilih lemari yang normal karena bisa tahan lama. Apalagi anak-anak yang sudah tambah besar tak mau furnitur yang kekanak-kanakan.

Sebagai gantinya: Pilih perabotan kamar yang ukurannya normal sehingga bisa bertahan sepanjang masa kecilnya.

7. Gorden dan wallpaper

Masalah ini mirip dengan furnitur. Sudah harganya mahal, Anda pun tak mungkin menggantinya hanya dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai gantinya: Gunakan desain yang usianya netral. Anda juga bisa memilih stiker yang mudah dilepas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.